Harlah ke-23, PKB di Jatim Salurkan Bansos untuk Isoman hingga Lomba Kitab Kuning

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: M Didi Rosadi
Jumat, 23 Juli 2021 09:56 WIB

Harlah ke-23 PKB di Jawa Timur diisi berbagai rangkaian acara. Mulai bantuan warga isoman, lomba kitab kuning, hingga TikTok Challenge. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - PKB merayakan Hari Lahir (Harlah) yang ke-23 dengan menggelar berbagai kegiatan. Harlah ke-23 PKB kali ini diisi dengan Aksi Melayani Isolasi mandiri mengingat tingginya kasus Covid-19 di Indonesia.

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah mengungkapkan, selain Aksi Melayani Isolasi Mandiri, PKB juga menggelar berbagai lomba yang mendukung tumbuh kembangnya potensi kreativitas anak muda di Jawa Timur.

Untuk Aksi Melayani Isolasi Mandiri dilakukan dengan berbagi 20 ribu paket sembako untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19. Bantuan itu sebagai bentuk dukungan PKB Jawa Timur terhadap warga yang sadar melakukan isolasi.

"Dukungan dan perhatian tersebut di antaranya adanya jaminan pemenuhan kebutuhan pokok mereka selama isolasi mandiri, sehingga ada rasa aman bagi mereka menjalaninya," ujar Anik Maslachah, Jumat (23/7/2021).

Menurut Anik, PKB juga mendirikan Posko PKB AMI (Aksi Melayani Isolasi Mandiri) yang tersebar di 38 kabupaten/kota untuk memberikan informasi dan edukasi bagi warga terkait masalah pandemi Covid-19. Posko itu ditempatkan di masing-masing kantor DPC PKB.

Sedangkan untuk kegiatan lomba, PKB menggelar lomba musabaqoh kitab kuning khusus santri guna mendukung pembangunan pembangunan manusia dan menjaga tradisi keagamaan. Lomba ini dimulai sejak 28 Juni - 23 Juli 2021 secara online. 

"Lomba tersebut dipilih karena ada 1,7 juta santri di Jawa Timur yang perlu diapreasisi melalui kompetisi. Sebagai partai yang didirikan dari rahim NU, PKB tidak melupakan jati dirinya sebagai partai ahlussunah annahdliyah," tutur Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Adapun lomba musabaqoh kitab kuning ini terdiri dari dua kategori, putra dan putri. Pesertanya 320 santri dari pondok pesantren se-Jawa Timur.

Tidak hanya itu, PKB juga menggelar kompetisi e-sport Mobile Legends yang telah dimulai sejak 11 Juni. Untuk final rencananya dihelat pada 2 Agustus 2021 mendatang. Ada juga lomba video kreatif dan TikTok Challenge.

Tentunya, PKB juga menggelar doa dan khataman Alquran yang sudah menjadi. Khataman Alquran diselenggarakan di masing-masing DPC PKB dan dikediaman anggota Fraksi PKB se-Jatim serentak secara online. Dari 369 anggota fraksi PKB se-Jatim, 38 DPC PKB dan DPW PKB Jatim, masing-masing dengan peserta 30 orang.

"Kami juga akan vaksinasi gratis untuk warga di setiap DPC PKB di Jawa Timur. Kami memohon doa restu dari seluruh elemen masyarakat untuk tetap berkomitmen membangun bangsa Indonesia menuju bangsa yang baldatun thoyyibatun wa rabbhun ghafur," pungkas Anik. (mdr/ns)