Terkait Temuan Mensos Risma Soal BPNT yang Hanya Cair 2 Bulan, Begini Tanggapan Kadinsos P3A Tuban | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Terkait Temuan Mensos Risma Soal BPNT yang Hanya Cair 2 Bulan, Begini Tanggapan Kadinsos P3A Tuban

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Minggu, 25 Juli 2021 20:47 WIB

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Tuban, Eko Julianto.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) , Eko Julianto membeberkan alasan pencairan Bantuan Sosial Pangan (BSP) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten yang dilakukan hanya 2 bulan, Juli-Agustus. Meski, bantuan tersebut sebenarnya sudah dicairkan untuk tiga bulan, yakni Juli hingga September.

Menurutnya Eko Julianto, pihaknya sengaja melakukan pencairan BPNT secara bertahap, berdasarkan hasil kesepakatan dengan tikor kabupaten.

Salah satu pertimbangannya, karena jatah beras yang diterima KPM dalam program BPNT cukup banyak, yaitu 15 kilogram per bulan. Sehingga jika langsung disalurkan tiga bulan, maka masing-masing KPM akan menerima 45 kilogram. Banyaknya beras yang diterima, ia khawatir justru dijual kembali oleh KPM untuk menutupi kebutuhan lainnya.

"Khawatirnya nanti kalau langsung tiga bulan, komoditi ini akan dijual oleh KPM, jadi kami salurkan sesuai kebutuhan. Sisa uang yang satu bulan juga masih ada di kartu KKS," jelas Eko kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (25/7/2021).

Pertimbangan lain, karena pencairan tahap selanjutnya terpaut lumayan jauh, yakni bulan Oktober. Ia khawatir persediaan yang dimiliki KPM tidak bisa menutup kebutuhan sampai pencairan periode selanjutnya.

"Jarak pencairan selanjutnya lumayan lama, khawatirnya komoditi yang dimiliki KPM sudah habis tidak sampai ke periode selanjutnya. Apalagi komoditi telur dan tempe mudah rusak," imbuh mantan Kabag Kesra Setda ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video