Gelar Semi Final Lomba Baca Teks Proklamasi, PKS Jatim Ajak Masyarakat Ingat Sejarah Kemerdekaan

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Senin, 26 Juli 2021 20:01 WIB

PKS Jatim gelar Semi Final Lomba Baca Teks Proklamasi Kemerdekaan RI. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim mengajak masyararat mengingat kembali sejarah Indonesia dengan menggelar semi final lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno. 

Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan menuturkan bahwa saat ini lomba baca teks proklamasi mirip Bung Karno ini sudah mencapai tahap semi final. Lomba ini merupakan terusan dari lomba yang digelar Fraksi PKS DPR RI.

"Jadi DPP PKS yang menggelar lomba ini. Kami di Jatim meneruskannya. Kami menjaring peserta dari Jatim. Pemenangnya, selain dapat hadiah dari kami, juga akan kami ikut sertakan ke final lomba di DPP, mudah-mudahan pemenangnya dari Jatim," tutur Irwan, Senin (26/7/2021).

Irwan mengatakan, tujuan digelarnya lomba ini agar generasi muda serta para santri dari kalangan pesantren bisa merasakan semangat juang proklamator dan para pejuang kemerdekaan saat itu.

“Semangat proklamasi ini harus diimplementasikan dalam konteks kekinian, yaitu bersama menghadazpi pandemi Covid-1z9,” kata Irwan bersemangat.

Ia mengibaratkan perjuangan para pahlawan menghadapi penjajah sama dengan perjuangan masyarakat saat ini yang sedang melawan Covid-19. Menurutnya, bangsa Indonesia juga bisa menang melawan Covid-19, masyarakatnya menguatkan kebersamaan, kekompakan, dan persatuan.

“Jika dulu kita bisa menang melawan penjajah, kita tentu bisa menang dalam melawan Covid-19 ini. Lomba baca teks proklamasi ini mudah-mudahan mengingatkan kita kembali tentang kemenangan bangsa ini saat itu,” kata pria 45 tahun itu.

Sementara Dwi Hari Cahyono, penanggung jawab kegiatan semi final lomba baca teks proklamasi menjelaskan bahwa lomba bisa diikuti untuk seluruh warga Jawa Timur, gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Syaratnya, peserta diwajibkan mem-follow akun instagram dari @fraksipksdprri, @pksjatim, akun twitter @FPKSDPRRI, @PKSJATIM, juga Facebook Fraksi PKS DPR RI dan PKS Jawa Timur. Kemudian mengumpulkan karya berupa video dengan durasi 3 menit, yang di-upload melalui chanel Youtube milik pribadi dengan format judul “Lomba Membaca Teks Proklamasi F-PKS DPR RI 2021 - NAMA”.

Selanjutnya, peserta harus mengirim url YouTube tersebut ke Fraksi PKS DPRD Jatim melalui nomor WhatsApp 082233814333, dan dikumpulkan paling lambat 3 Agustus 2021.

Peserta juga diminta menyebarkan video yang telah diupload ke akun media sosial pribadi dengan melakukan tag ke akun-akun yang sudah tertera di atas serta mencantumkan hastag #LombaBacaTeksProklamasiPKSDPRRI2021.

“Kemudian peserta diminta mengupload potongan video ke akun instagram pribadi dengan hastag #LombaBacaTeksProklamasiPKSDPRRI2021 dan mengetag ke teman terdekat dan follow akun instagram @fraksipksdprri dan @pksjatim. Mudah-mudah Jawa Timur yang menang,” harap Dwi Hari Cahyono yang juga Ketua Fraksi KBN DPRD Jatim.

Adapun kriteria yang dinilai, tambah Dwi Hari, antara lain kemiripan suara dengan Bung Karno, ekspresi dan penjiwaan, vokal/artikulasi/intonasi, orisinalitas, setting tempat atau lokasi, serta jumlah like dan komentar di video.

“Untuk di Jatim total hadiahnya 6 juta rupiah. Yang menang akan diikutkan ke nasional. Total hadiah di nasional 17 juta rupiah. Yang berminat bisa menghubungi nomor panitia di 082233814333,” ujarnya. (mdr/ian)