Tuntut Penyelesaian Soal Sewa Lahan, Puluhan Warga Desa Pandan Pamekasan Demo PT Garam | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tuntut Penyelesaian Soal Sewa Lahan, Puluhan Warga Desa Pandan Pamekasan Demo PT Garam

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ferdiana Lestari
Rabu, 28 Juli 2021 17:30 WIB

Puluhan petani garam dari Desa Pandan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan saat melakukan aksi demo ke PT Garam Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan petani garam dari Desa Pandan, Kecamatan Galis, Kabupaten melakukan aksi demonstrasi ke Kantor Pegaraman II , Rabu (28/07/2021).

Koordinator aksi demo, Rahmad Kurnia Irawan, dalam orasinya menuntut agar pihak segera menyelesaikan persoalan sewa lahan dengan masyarakat. Menurutnya, selama ini ada oknum LSM yang menguasai lahan sampai sebanyak 3 hektare, namun tanpa bayar sewa lahan.

Selain itu, ia juga menyebut adanya lahan garam yang penggarapnya sudah meninggal, namun diteruskan pewarisnya tanpa permohonan kembali.

Dikatakannya, sejak tahun 2020 ada empat warga Desa Pandan yang telah mengajukan sewa lahan tanah penggaraman. Lahan yang hendak disewa adalah lahan yang penggarapnya sudah meninggal dunia. Namun hingga pertengahan tahun 2021 tidak ada kejelasan.

Justru, penggarapan lahan tersebut ternyata dilanjutkan oleh pihak keluarga tanpa pengajuan sewa lahan kembali. "Ini bukan tanah warisan, ini tanah milik negara dan berhak disewa oleh semua masyarakat," ujar Rahmad dalam aksi tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video