Pemkot Pasuruan Berencana Jadikan Kawasan P3GI sebagai Wisata Edukasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkot Pasuruan Berencana Jadikan Kawasan P3GI sebagai Wisata Edukasi

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ardianzah
Sabtu, 31 Juli 2021 09:52 WIB

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan akan membangun kawasan pariwisata yang terintegrasi, yaitu kawasan wisata yang di antaranya wisata edukasi, wisata sejarah, dan wisata religi. Tiga wisata itu akan dijadikan satu kesatuan yang menghubungkan masa lalu dengan masa depan sehingga akan menarik perhatian wisatawan.

Pembangunan kawasan wisata terintegrasi ini salah satunya akan dilakukan pada lahan milik Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). Awal dari pembangunan wisata di kawasan P3GI dengan penandatanganan MoU antara Wali Saifullah Yusuf () bersama Direktur Utama PTPN III (Persero ) Abdul Ghoni yang disaksikan langsung Pimpinan P3GI Pasuruan, Sekda, Asisten 1, Kepala OPD terkait dan seluruh peserta yang diikuti secara virtual di Pendopo Surga Surgi rumah dinas Wali , Jumat (30/7/2021).

"Tujuan kerja sama ini menghubungkan bagaimana sejarah, bagaimana jejak peradaban Jepang yang dikaitkan dengan pusat gula di . P3GI pertama dibangun di Kota Semarang pada tahun 1885, kedua di kota Majalengka sekitar tahun 1886 dan pada tahun 1887 karena di wilayah Semarang maupun Majalengka tidak bertahan lama akhirnya dilebur jadi satu di . P3GI merupakan pusat penelitian gula di yang bisa dijadikan wisata pendidikan dimana akan dibangun museum dengan dilengkapi fasilitas pendidikan, artefak masa lalu, pelatihan,pusat kuliner dan penginapan," ujar Abdul Ghoni.

Sementara itu, Wali , menyampaikan dua catatan penting dalam kerja sama ini. Pertama, P3GI menjadi kesaksian sejarah tidak hanya perjalanan PTPN tapi juga kesaksian perjalanan melalui karya-karya di bidang penelitian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video