PPKM Diperpanjang Lagi, F-PDIP Minta Pemerintah Gratiskan Air dan Listrik

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Selasa, 03 Agustus 2021 17:23 WIB

Dr. Ir. Daniel Rohi, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota Fraksi PDI Perjuangan Jawa Timur Daniel Rohi berharap pemerintah membuat kebijakan dengan menggratiskan biaya listrik dan PDAM ketika saat ini sedang diberlakukan perpanjangan PPKM Level IV.

"Masyarakat dibatasi aktivitasnya sehingga di sektor ekonomi juga mengalami keterbatasan. Idealnya negara juga menggratiskan biaya listrik dan PDAM," jelasnya saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (3/8/2021).

Ketua Badiklat PDI Perjuangan Jatim ini mengatakan jika negara tak mampu menggratiskan, tentunya juga bisa membuat kebijakan relaksasi pembayaran listrik dan PDAM.

"Bisa juga cukup membayar separuh saja. Listrik dan air merupakan hal yang penting dalam menguasai hajat hidup masyarakat. Semua saat ini serba sulit sehingga perlu kebijakan yang meringankan rakyat," jelasnya.

Dengan membuat kebijakan tersebut, sambung Daniel Rohi, menunjukkan kalau negara hadir di tengah rakyatnya yang membutuhkan.

Sekadar diketahui, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM hingga 9 Agustus 2021. Keputusan ini berlaku bagi daerah yang menerapkan PPKM Level IV.

Presiden RI Jokowi mengatakan bahwa PPKM Level IV yang diterapkan pada 26 Juli-2 Agustus telah membawa perbaikan di skala nasional dibanding sebelumnya. Perbaikan itu di antaranya terkait turunnya kasus konfirmasi harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, hingga persentase tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19.

Jokowi meminta masyarakat tetap waspada terhadap virus corona dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah juga akan memasifkan kegiatan 3T atau tracing, testing, dan treatment. (mdr/zar)