Perluas Pencarian Donor dan Ketersediaan Pasokan Darah, Smartfren Community Gandeng Blood4LifeID

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Indrayadi
Jumat, 06 Agustus 2021 20:05 WIB

Founder Blood4LifeID, Valencia M Randa saat mewakili penerimaan kartu perdana dan voucer Smartfren GOKIL MAX guna mendukung kelancaran kegiatan Blood4LifeID.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam mendukung penanganan Covid-19, pihak Smartfren melalui Smartfren Community menggandeng komunitas nirlaba Blood for Life (Blood4LifeID) Indonesia guna meningkatkan jangkauan pencarian donor dan ketersediaan darah atau plasma darah.

Chief Brand Officer Smartfren, Roberto Saputra mengatakan, dalam kerja sama ini Smartfren Community yang ada di lebih dari 100 kota di Indonesia mengajak anggotanya untuk turut menjadi pendonor, sekaligus membantu Blood4LifeID dalam mendapatkan pendonor darah/plasma darah. Diketahui, saat ini pendonor darah atau plasma konvalesen sangat dibutuhkan dalam prosedur kesehatan terkait Covid-19 maupun non-Covid-19.

"Kami juga memberikan dukungan tambahan berupa kartu perdana GOKIL MAX serta paket data kepada seluruh relawan Blood4Life Indonesia, agar memudahkan berkomunikasi secara online," paparnya.

Blood4LifeID merupakan komunitas sosial yang bertujuan mempermudah masyarakat mendonorkan darahnya, sekaligus mendapatkan donor darah. Sejak 2009 silam, komunitas ini telah aktif mencari dan melayani pendonor, guna menjaga ketersediaan pasokan darah di Palang Merah Indonesia dan Bank Darah milik Rumah Sakit. Selama ini Blood4LifeID dimotori oleh sekitar 50 relawan yang tersebar di seluruh Indonesia dan bergerak secara mandiri.

Founder Blood4LifeID, Valencia M. Randa menambahkan, pergerakan Blood4LifeID selama ini kebanyakan dilakukan secara online. Sudah terdapat puluhan Relawan Tim IGD Virtual Blood4Life.ID (media sosial & website Blood4LifeID) yang saat ini tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka sangat bergantung dengan koneksi internet di kota mereka masing-masing.

"Kami sangat terbantu dengan dukungan yang diberikan Smartfren. Baik untuk mengajak orang-orang di sekitarnya mendonorkan darahnya kepada pasien yang sudah dipublikasikan di website kami, dan juga dukungan paket data internet dari Smartfren," ujar dia.

Blood4LifeID selama ini telah menerima banyak permintaan untuk memenuhi kebutuhan pendonor darah. Pada Juli lalu, permintaan bantuan donor darah yang masuk ke Blood4LifeID mencapai puncaknya dan mencapai 230 permintaan dalam satu hari. Hingga saat ini pun permintaan masih cukup tinggi, dengan rata-rata sekitar 100-an permintaan donor yang masuk.

Lewat inisiatif ini, baik Smartfren, Smartfren Community, dan Blood for Life Indonesia juga mengajak semua orang untuk bersama-sama bergerak saling bantu. Terutama para penyintas Covid-19, untuk mendonorkan plasma yang hingga saat ini diperlukan untuk mendukung kesembuhan penderita COVID-19. (dra/ian)