Masjid Pondok Pesantren Darul Faqih Pamekasan Dilalap Si Jago Merah

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ferdiana Lestari
Rabu, 18 Agustus 2021 22:54 WIB

Proses pemadaman kebakaran di Masjid Pondok Pesantren Darul Faqih, Kelurahan Barurambat Timur, Kabupaten Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Masjid Pondok Pesantren Darul Faqih yang berada di Kelurahan Barurambat Timur dilalap si jago merah, Rabu (18/8) sekira pukul 16.10 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini. Beberapa santri begitu melihat adanya kobaran api dari sisi utara masjid, langsung melaporkan kejadian ke pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan.

Menurut Budi Cahyono, Anggota BPBD Pamekasan, api yang melalap Masjid Pondok Pesantren Darul Faqih diduga dari arus pendek listrik alias korsleting.

Untuk memadamkan api, personel dari BPBD, damkar, TNI/Polri, dan FRPB dikerahkan untuk melakukan pembasahan dibantu masyarakat.

Api baru dapat dipadamkan 30 menit kemudian menggunakan 2 unit mobil damkar, 1 tangki BPBD, dan 1 tangki penyuplai air.

"BPBD bersama damkar, TNI, Polri, FRPB, dan masyarakat melakukan pemadaman yang diawali dengan melokalisir api agar tidak menyebar ke bangunan yang berada di sampingnya. Selang 30 menit api berhasil dipadamkan dan dilanjutkan pembasahan. Ada hambatan dalam proses pemadaman karena akses jalan yang sempit sehingga harus memutar," tutur Budi yang juga sebagai Ketua FRPB setempat. 

"Alhamdulillah, api bisa cepat dipadamkan sehingga tidak menjalar ke lokasi sekitarnya," pungkas Budi seraya mengatakan kerugian akibat kebakaran diperkirakan mencapai Rp 100 juta. (pmk1/rev)