Waspadai Penipuan Plasma Konvalesen, PMI Jember Imbau Masyarakat Beli Melalui Jalur Resmi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Waspadai Penipuan Plasma Konvalesen, PMI Jember Imbau Masyarakat Beli Melalui Jalur Resmi

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
Jumat, 20 Agustus 2021 17:17 WIB

Zaenal Marzuki, Ketua PMI Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Seiring dengan banyaknya pasien Covid-19 yang sembuh di Kabupaten , antusiasme permintaan plasma konvalesen (PK) melalui medsos maupun WhatsApp kepada PMI Kabupaten kian hari jumlahnya terus meningkat.

Namun sayang, hal itu tidak diimbangi dengan alat yang memadai. Menyikapi hal ini, PMI Kabupaten mengimbau masyarakat yang membutuhkan plasma konvalesen agar melakukan konfirmasi langsung kepada PMI . Hal itu untuk menghindari penipuan terhadap permintaan plasma konvalesen yang menjadi terapi bagi pasien Covid-19.

“Ada SOP-nya untuk mendapatkan plasma konvalesen dari PMI,” ujar Zaenal Marzuki, Ketua PMI , Jumat (20/8).

Zaenal mengimbau pasien Covid-19 yang sedang dirawat di rumah sakit agar tidak tertipu oleh pihak-pihak yang mengambil keuntungan dengan menawarkan plasma konvalesen.

"Kami imbau kepada masyarakat yang mengajukan layanan PK (plasma konvalesen), pihak keluarga supaya konfirmasi atau mendatangi langsung Kantor UDD PMI Kabupaten untuk menghindari berbagai modus penipuan oleh pihak-pihak yang akan mengambil keuntungan mengatasnamakan PMI ," ucapnya.

Zaenal menjelaskan, ada 3 cara permintaan plasma konvalesen ke PMI. Pertama, membawa formulir permintaan darah yang ditandatangani oleh dokter penanggung jawab pasien (DPJP) dari rumah sakit tempat pasien dirawat, dengan membawa sampel darah pasien.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video