Teman Kreasi Indonesia, Bantu Keberlangsungan 500 UMKM Digital

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Indrayadi
Jumat, 20 Agustus 2021 19:49 WIB

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia” yang diprakarsai oleh Smartfren telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus yakni Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim menegaskan, ini penghargaan kedua yang diterima oleh pihaknya atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community.

"Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut ini menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi Teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia,” ujar Djoko.

Ia memaparkan, Teman Kreasi Indonesia adalah wadah yang didirikan Smartfren untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda serta membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

"Saat ini telah ada 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota. Masing-masing dikelola oleh ketua yang memiliki usaha sendiri, sekaligus menjalankan misi untuk menjadi wadah pembinaan bagi UMKM lain di sekitar kotanya," imbuhnya.

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka.

Contohnya adalah kegiatan Teman Kreasi Cilacap, yakni Jajan Mamake. Produk UMKM hasil produksi lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional. Ada juga Teman Kreasi Kabupaten Tangerang, yakni kopi dan topi bambu. Teman Kreasi Mojokerto, yakni eco printing. Teman Kreasi Pekalongan, yakni Pasar Sayoor Online, dan Teman Kreasi Kota Tangerang, yakni Kopi Nineteen.

Upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat diwujudkan oleh Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra, dan masyarakat.

"Segala hal yang kami lakukan akan selalu kembali ke masyarakat. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program corporate social responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM, dan masyarakat digital," tandas Djoko. (dra/zar)