Pertama Sejak 25 Tahun, Patung Monumen Jalesveva Jayamahe Dibersihkan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pertama Sejak 25 Tahun, Patung Monumen Jalesveva Jayamahe Dibersihkan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Indrayadi
Sabtu, 28 Agustus 2021 23:43 WIB

Mobil PMK Bronto Skylife juga pertama kali dimanfaatkan sebagai alat untuk membersihkan patung.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Patung Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) yang terletak di Dermaga Madura Markas Komando Armada II, Ujung, dibersihkan dengan dua unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK) milik Pemerintah Kota (Pemkot) .

Mobil PMK yang membersihkan monumen tersebut salah satunya adalah Bronto Skylife yang sekaligus pertama kali dimanfaatkan sebagai alat untuk membersihkan patung. Sebab, fungsi utama Bronto Skylift yakni digunakan untuk memadamkan api. Alat setinggi 104 meter atau setara dengan gedung bertingkat 25 lantai itu, juga disiapkan untuk upaya penyelamatan korban kebakaran yang ada di lantai atas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Dedik Irianto menceritakan proses pengalamannya saat melakukan pembersihan patung yang menjadi ikon dari TNI Angkatan Laut tersebut. Dia menjelaskan, pertama-tama Bronto Skylift itu diletakkan tepat di sisi samping kanan, lalu berlanjut geser di sisi belakang Patung Monjaya.

“Untuk sisi bagian muka kami tidak mendapat poin menempatkan Bronto Skylift karena berat kendaraan itu sudah 60 ton, sehingga kami tidak berani mengambil risiko,” katanya.

Penyemprotannya dilakukan di semua titik sudut patung. Mulai dari lipatan-lipatan baju yang menjadi sarang kotoran burung. Lalu beberapa organ patung lainnya yang berdebu. Apalagi, patung yang juga menjadi ikon itu belum pernah dilakukan pembersihan sejak diresmikan selama 25 tahun lalu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video