Ekskavasi Situs Sumberbeji Jombang, BPCB Jatim Temukan Pangkal Saluran Air

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
Minggu, 29 Agustus 2021 19:14 WIB

Ekskavasi di situs petirtaan Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kembali melakukan di situs petirtaan Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten .

Ekskavasi tahap empat ini sudah dilakukan selama sembilan hari. Terdapat sejumlah temuan struktur baru hingga pengungkapan saluran masuk untuk air pada petirtaan kuno tersebut.

"Di keempat ini, target kita kan mencari saluran air masuk, kemudian mencari saluran keluar, terus kita membuka potensi kepurbakalaan lain di sini, pada radius lima meter keliling, sambil merapikan tanah supaya tidak longsor," ujar Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho, Sabtu (28/8/21) kemarin.

Disebutkan, selama sembilan hari pihaknya telah menemukan pangkal dari saluran masuk air petirtaan itu. Meski sempat diduga memanjang hingga puluhan meter, dari penggalian justru ditemukan fakta jika saluran air masuk yang berbahan struktur bata hanya sepanjang 14 meter. Atau hanya beberapa meter dari pangkal saluran yang sudah terbuka.

"Kita menemukan saluran air masuk, itu terputus di sepanjang 14 meter. Berlanjut dengan lubang dari tanah yang terhubung ke saluran bata itu," jelas Wicak.

Dari temuan tersebut, Wicak menduga sumber ini mengalir berasal dari mata air artesis atau bisa juga sungai bawah tanah. Lokasinya, berada tak sampai 10 meter di barat pangkal saluran masuk petirtaan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video