Kadinkes Bangkalan Imbau Masyarakat Tidak Pilih-Pilih Jenis Vaksin Covid-19

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
Rabu, 01 September 2021 14:30 WIB

H. Sudiyo, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan. (foto: ist)

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - H. Sudiyo, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bangkalan mengimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih jenis vaksin Covid-19. Menurutnya, keempat jenis vaksin yang sudah hadir di Indonesia dipastikan aman dan halal yang telah melalui uji laboratorium.

"Mindset perlu diubah, keempat vaksin yang sudah masuk di Indonesia itu sudah dilakukan beberapa kali kajian. Sudah terbaik dan bermutu, jadi gak usah pilih-pilih," ujarnya saat ditemui di Pendopo Agung Bangkalan, Rabu (1/9/2021).

"Tapi memang efek vaksin beragam seperti panas dan batuk dalam rentan waktu. Apalagi jenis Moderna, dosisnya lebih tinggi. Makanya ada kriteria usianya," jelasnya.

Di sisi lain, Yoyok, sapaan akrabnya, mengapresiasi antusias masyarakat Bangkalan dalam pelaksanaan vaksin di berbagai tempat pelayanan kesehatan. Dirinya berharap antusias masyarakat ini dapat terus berlanjut hingga terciptanya kekebalan komunal.

"Untuk mencapai kekebalan komunal, kita harus mencapai target 70 persen dari jumlah penduduk Bangkalan. Sedangkan saat ini total yang telah melakukan vaksinasi sudah 161 ribu dari target 785 ribu," pungkasnya. (ida/uzi/zar)