Mahfud MD: Negara Kaum Muslimin Harus Inklusif dan Kosmopolit | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mahfud MD: Negara Kaum Muslimin Harus Inklusif dan Kosmopolit

Editor: Nizar Rosyidi
Rabu, 01 September 2021 16:49 WIB

Mahfud MD. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bagi umat Islam, mempunyai negara adalah sunnatullah karena negara diperlukan untuk menjaga maqashid al syar'i (tujuan syari'ah). Maqashid al syar'i itu ada lima, yakni menjaga agama (dien), menjaga jiwa (nafs), menjaga akal (aql), menjaga keturunan (nasab), dan menjaga harta (mal).

Hal itu disampaikan pada acara silaturahmi dengan tokoh agama dan pimpinan forkompimda se-Jawa Timur secara virtual, Selasa (31/8/2021) malam. Mahfud melanjutkan bahwa ketika menyampaikan risalah Islam dan memimpin umat Islam, juga mendirikan negara Madinah.

"Negara Madinah yang dibangun oleh nabi bersifat inklusif dan kosmopolit, yakni mempersatukan warga yang berbeda suku, ras, dan agama secara berkeadaban (madany) dengan toleransi, perlindungan hak manusia sesuai maqashid al syar'i yakni melindungi HAM dan membangun kesejahteraan umum dengan penegakan hukum dan keadilan," lanjut Mahfud.

menegaskan bahwa prinsip mendirikan negara itu adalah mewujudkan maqashid al syar'i, sedangkan sistem dan bentuk negaranya boleh apa saja seperti demokrasi, monarki, presidensial, parlementer, kerajaan, republik, imarah, mamlakah, dan sebagainya, yang penting prinsip maqashid al syar'i dipelihara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video