Nasdem Gresik Dukung DPR RI Sahkan RUU TPKS

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Selasa, 07 September 2021 23:49 WIB

Pengurus DPD Nasdem Gresik saat diskusi RUU TPKS. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPD Nasdem Gresik bersama organisasi sayap menggelar diskusi tentang Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU-TPKS), di Kantor DPD Nasdem Gresik, Jalan Veteran Kecamatan Kebomas, Selasa (7/9/2021).

Diskusi tersebut sebagai tindak lanjut seminar dan workshop tentang RUU TPKS yang digelar DPP Nasdem sebagai bentuk dukungan terhadap DPR RI untuk pembahasan dan pengesahan RUU tersebut menjadi Undang-Undang (UU).

Diskusi tersebut diikuti puluhan pengurus, dan organisasi sayap NasDem Gresik. Di antaranya, Sekretaris Nasdem Gresik Ainul Fuad, Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak Nur Rochimah, dan Ketua DPD Garda Wanita (Garnita) Malahayati Erni Rafika Anwar.

Ainul Fuad menyatakan bahwa digelarnya diskusi tersebut sebagai tindak lanjut instruksi Ketua DPD Nasdem Gresik Syaiful Anwar yang meminta kepada jajarannya agar ikut terlibat dalam mendukung DPR RI untuk secepatnya menuntaskan pembahasan dan mengesahkan RUU TPKS.

Sebagai bentuk dukungan Nasdem Gresik terhadap RUU TPKS, hasil diskusi merekomendasikan agar panitia kerja (panja) DPR RI segera menbahas dan mengesahkan RUU TPKS menjadi Undang-Undang, dan mamasukkan BAB IV yang mencantumkan hak korban, keluarga korban, saksi dan ahli.

"Harapan Nasdem Gresik dengan disahkan RUU TPKS menjadi UU, kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak sudah ada payung hukum yang jelas, sehingga rakyat menjadi terlindungi, dan pelaku bisa dijerat," ujar Ainul Fuad mendampingi Syaiful Anwar kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (7/9/2021).

Syaiful Anwar menambahkan bahwa semua pihak sepakat fenomena kekerasan seksual sudah amat meresahkan. Karena itu, sudah sangat tepat keberadaan RUU TPKS untuk disahkan.

"Jadi, keberadaan RUU tersebut kalau sudah disahkan menjadi lembaran negara dan diundangkan. Maka, UU tersebut bukan hanya melindungi korban, namun juga memerhatikan perkembangan korban di masa depan. Makanya, Nasdem Gresik sangat mendukung RUU TPKS disahkan, " pungkasnya. (hud/ian)