Pelaksanaan PL Pokir Berpeluang Gratifikasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pelaksanaan PL Pokir Berpeluang Gratifikasi

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Supardi
Sabtu, 11 September 2021 12:21 WIB

Prima Satria Laksana, Sekda LIRA Jatim.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Paket proyek penunjukan langsung (PL) yang berasal dari Pokir (pokok-pokok pikiran) usulan Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan melalui mekanisme musrenbang, disorot sejumlah kalangan.

Diketahui, tiap PL Pokir dianggarkan sebesar 200 juta. Sementara tiap anggota DPRD di-budget Rp 2 miliar. Artinya, bakal ada 10 paket pekerjaan PL dari Pokir yang diusulkan anggota DPRD.

Nah, sorotan itu datang karena diduga untuk mendapatkan paket pekerjaan PL itu, rekanan harus menyerahkan fee terlebih dahulu sebesar 15 persen dari nilai total pekerjaan. Hal ini diungkapkan aktivis Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jatim, Prima Satria Laksana.

Menurutnya, PL dari pokir sangat berpotensi gratifikasi. Pasalnya, paket pokir itu dipecah-pecah tiap titik Rp. 200 juta. Bahkan selama ini, kata dia, PL-PL itu dimonopoli rekanan bermodal besar.

Sekda LIRA Jatim ini mengungkapkan, rekanan yang ingin mendapatkan 1 paket PL Pokir harus menyerahkan uang fee sebesar 15% di muka. Fee tersebut diserahkan ke oknum dinas maupun langsung anggota dewan pemilik pokir.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video