Warga Keluhkan Tambak Udang Vaname Merusak Tanaman dan Laut, Bupati Hendy Janji Tertibkan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Warga Keluhkan Tambak Udang Vaname Merusak Tanaman dan Laut, Bupati Hendy Janji Tertibkan

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Indrawan
Minggu, 12 September 2021 16:37 WIB

Bupati Jember Hendy Siswanto saat memimpin audiensi dengan warga Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas, Jember saat audiensi di Pendopo Wahyawibawagra, Sabtu (11/9) sore.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) menerima keluhan terkait tambak udang vaname di sepanjang pesisir pantai Kepanjen Gumukmas. Keluhan itu disampaikan warga Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas, Jember saat audiensi di Pendopo Wahyawibawagra, Sabtu (11/9) sore.

Dalam audiensi itu, warga menyampaikan bahwa aktivitas tambak udang selama ini benyak mengakibatkan kerusakan terhadap lingkungan pertanian. Terlebih, limbah dari tambak udang tersebut dibuang langsung ke laut. Hal itu menyebabkan rusaknya ekosistem biota laut yang merugikan para nelayan.

“Lahan rusak, tanam cabe, kates, dan semangka itu ndak bisa. Karena kena uap dari kincir itu,” ungkap perwakilan warga, Setyo Ramires.

Warga meminta agar pemerintah melakukan penertiban terhadap tambak tersebut. Sebab, tidak hanya lahan pertanian yang terdampak, namun limbah yang dihasilkan dari tambak udang juga mengancam kelestarian pantai pesisir selatan. Hal ini berdasarkan pengamatan .

“Adanya Pulau Nusa Barong seperti penghalang dari tsunami, keunikan ekosistem pulau kecil, potensi penelitian, hingga tempat berteduh untuk nelayan bila terjadi ombak besar, akan terancam keberadaanya terhadap limbah-limbah itu,” ucapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video