BPCB Jawa Timur Cek Penemuan Benda Diduga Cagar Budaya di Klanderan Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

BPCB Jawa Timur Cek Penemuan Benda Diduga Cagar Budaya di Klanderan Kediri

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Senin, 13 September 2021 15:01 WIB

Ketua Tim BPCB Jawa Timur Nonuk Kristiana saat mengukur ketinggian benda cagar budaya berbentuk yoni dan benda kepala kala yang ditemukan di Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Tim dari BPCB (Balai Pelestari Cagar Budaya) Jawa Timur didampingi Tim dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri melakukan pengecekan penemuan sebuah batu yang diduga sebagai benda cagar budaya, Senin (13/9). Benda berupa kepala kala itu ditemukan di Dusun Sugihwaras, Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Benda tersebut ditemukan Cahyo Umar Guritno, warga setempat, saat membersihkan sungai di sekitar rumahnya, awal tahun 2021 lalu.

Selain mengecek benda berupa kepala kala dan keramik yang diduga peninggalan periode Kediri, tim juga mengecek benda diduga sebuah yoni juga di Dusun Sugihwaras.

Roby Wijanarko, Kasun Sugihwaras Desa Klanderan, mengatakan selain menemukan kepala kala, warganya juga menemukan artefak berupa kendi dan keramik era majapahit yang diduga dari daratan China, uang koin kuno, dan sebuah benda berupa yoni.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video