Perluas Testing, Satgas Buka Layanan Tes Antigen Gratis di Alun-Alun Kota Blitar

Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Tri Susanto
Senin, 13 September 2021 20:26 WIB

Layanan tes antigen gratis bagi masyarakat. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Satgas Penanganan Covid-19 Kota Blitar membuka layanan tes antigen gratis. Layanan ini dibuka di Alun-Alun Kota Blitar setiap hari mulai 13 September 2021, pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar Hakim Sisworo mengatakan, hal ini dilakukan untuk memperluas testing di kalangan masyarakat umum. "Ini dilakukan untuk meningkatkan dan perluasan testing. Jadi tidak hanya kontak erat, tapi menyeluruh ke masyarakat," ujar Hakim, Senin (13/9/2021).

Ia menjelaskan bahwa tidak ada target testing, namun pelaksanaannya menyesuaikan reagen tes antigen yang tersedia. "Tidak ada target harus berapa dalam sehari. Jadi menyesuaikan saja," imbuhnya.

Selain masyarakat umum, Pemkot Blitar juga memberlakukan tes Covid-19 menggunakan antigen secara masif di kalangan ASN di lingkup Pemkot Blitar. Dalam sehari ditargetkan 400 ASN dites antigen. "ASN juga dites antigen. Hari ini ada 400 ASN yang kami tes," ujarnya.

Selain itu, nantinya jika ada izin kegiatan yang melibatkan banyak orang, panitia juga diminta melakukan antigen terhadap tamu yang datang. Hal ini juga berlaku untuk warga Kota Blitar yang akan divaksinasi.

"Rencana kami masyarakat sebelum divaksin dites antigen dulu," katanya.

Sebagaimana diketahui, status Kota Blitar saat ini turun ke level 3, setelah jumlah kasus dan BOR di rumah sakit rujukan Covid-19 turun. Untuk menjaga tren positif ini, Pemkot Blitar melakukan upaya-upaya pencegahan. Salah satunya melakukan tes Covid-19 secara masif.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Di antaranya memakai masker secara benar, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. Dengan berbagai upaya ini harapannya angka penularan Covid-19 di Kota Blitar bisa terus ditekan. (tri/zar)