Kawal PPKM, Para Kiai Istiqamah Salat Malam dan Istighatsah Tiap Malam Jumat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kawal PPKM, Para Kiai Istiqamah Salat Malam dan Istighatsah Tiap Malam Jumat

Editor: MMA
Jumat, 17 September 2021 15:34 WIB

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat mengimami salat malam yang jemaahnya para kiai dari Surabaya dan sekitarnya. foto: mma/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para kiai di Surabaya dan sekitarnya terus melakukan dan istighatsah selama pemerintah memberlakukan PPKM. Salat malam dan istighatsah yang diakhiri doa bersama itu digelar sejak PPKM Darurat atau PPKM pertama hingga sekarang.

“Selama PPKM kita akan terus melakukan . Selain untuk terkabulnya hajat-hajat kita sendiri juga mendoakan bangsa agar segera terbebas dari covid-19. Nanti kalau PPKM selesai kita gelar sebulan sekali,” kata Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pemrakarsa sekaligus penyandang dana acara dan istighatsah itu kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (17/9/2021).

Acara istighatsah itu secara rutin digelar di kediaman Neng Imah, salah seorang putri , di Jalan Siwalankerto Utara di lingkungan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya. Tadi malam (16/9/2021) itu digelar bersamaan dengan walimatul haml Neng Imah dan juga istri Gus Ilyas yang juga putra .

Acara salat hajat ini diakhiri doa bersama yang dipimpin secara bergantian oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jawa Timur Drs KH Muhammad Roziqi, Kepala Dewan Pengelola Masjid Al-Akbar Dr KH Muhammad Sujak, Plt Kepala Kemenag Jatim Moh Nurul Huda, Rais Syuriah PCNU Kabupaten Probolinggo KH Jamaluddin Al-Hariri, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Modung Bangkalan Madura KH Muchlis Muhsin, Habib Abu Bakar Assegaf Surabaya, KH Abdurrahim Zulkarnaen dan dipungkasi Saifuddin Chalim.

Sebelumnya, acara itu juga diikuti Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Dan beberapa tokoh Jawa Timur lainnya.

Salat malam itu juga diikuti para alumni dan santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah di berbagai daerah. Termasuk juga para mahasiswa alumni Amanatul Ummah yang kini kuliah di luar negeri. 

Namun ketika mereka diminta menggelar salat sendiri. Tapi tetap mengikuti acara demi acara termasuk saat doa bersama.

Selain mereka hadir para pengurus Pergunu. Tampak Waketum Pergunu Dr Fadly Usman, Ketua Pergunu Jawa Barat Dr Saefulloh, dan Wakil Ketua Pergunu Pusat Dr Aris Adi Laksono.

Juga Dr Zuhri, pengurus Pergunu dan dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta Dr Zakaria Muhtadi, direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Al-Khozini Sidoarjo.

Menurut , dua belas rakaat dan enam kali salam itu juga dipraktikkan pada 12 ribu santri Amanatul Ummah. Justru dan istighatsah itu menjadi salah satu ikhtiar spiritual utama untuk menghindari serangan Covid-19 para santrinya.

“Mohon maaf di pesantren saya sudah 1,5 tahun ini mempraktikkan pembelajaran tatap muka tapi tak satupun santri kena covid-19,” kata yang pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Guru Nadhlatul Ulama (Pergunu) itu mengungkapkan bahwa para santri di Amanatul Ummah juga diberi kurma tiap pagi. Setiap santri diberi satu butir. “Mereka juga harus berkumur air garam krosok dan menyesepnya ke dalam hidung,” katanya.

Ini mengacu pada penemuan ilmiah drh Indro Cahyono, alumnus UGM. Indro melakukan penelitian tentang garam krosok kurang lebih dua tahun. Hasilnya, garam krosok yang dicampur air mineral sangat efektif untuk merontokkan virus corona yang masih ada dalam hidung dan mulut, sebelum masuk ke dalam organ dalam tubuh manusia.

Indro kemudian menamakan hasil penelitiannya itu protokol rakyat. Menurut Indro, rakyat berhak punya protokolnya sendiri.

“Jadi kita berdasarkan referensi rasional,” kata .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video