Polresta Banyuwangi Gelar Vaksinasi dan Pengangkatan Orang Tua Asuh Anak Yatim Piatu Terdampak Covid

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Teguh Prayitno
Jumat, 17 September 2021 20:03 WIB

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah anak-anak harus kehilangan orang tua mereka, akibat terinfeksi Virus Corona. Di Kabupaten Banyuwangi sendiri, ada ratusan anak berstatus yatim piatu akibat orang tua mereka meninggal karena Covid-19.

Hal itu pun memantik rasa empati para anggota jajaran Polresta Banyuwangi. Bersamaan dengan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 Tahun 2021, Polresta Banyuwangi menggelar vaksinasi dan pengangkatan orang tua asuh anak yatim piatu terdampak Covid-19 yang dilaksanakan di Rupatama Polresta Banyuwangi, Jumat (17/09/2021).

Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-66 tahun 2021 ini digelar secara serentak bersama polres jajaran se-Jawa Timur mengambil tema “Polantas yang Presisi dan Tangguh dan Tumbuh di Era Kenormalan Baru”.

“Pengangkatan orang tua asuh bagi anak yatim Covid-19, diharapkan anggota Polri bisa menjadi pendamping, pengayom, sekaligus menjadi teman bicara atau konsultasi meringankan beban masalah," kata AKBP Nasrun.

Berdasarkan data dari DP5A, ia menyebut ada 384 anak yatim/piatu di Kabupaten Banyuwangi yang orang tuanya meninggal dunia karena virus Covid-19. Untuk itu, orang nomor satu di lingkungan Polresta Banyuwangi itu mengajak jajarannya agar peduli kepada mereka.

"Mari kita mengajak semua elemen masyarakat menjadi orang tua asuh, bersama-sama, gotong royong peduli membangun kelangsungan hidup mereka," ajaknya.

Bukan hanya saat ini atau saat ulang tahun lantas ini saja, Nasrun meminta program orang tua asuh ini dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mengantarkan anak-anak yatim piatu tersebut meraih prestasi ke depannya.

"Kita antar sampai mereka sukses dan mendapatkan pekerjaan selayaknya. Nanti 10 tahun kedepan saya dan Pak Waka akan cek pelaksanaan ini," tegas Nasrun.

Kapolresta Banyuwangi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Satlantas Polresta Banyuwangi atas terselenggaranya Vaksinasi dan Pengangkatan Orang Tua Asuh Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19. Ia berharap hal ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua.

“Selamat ulang tahun yang ke-66 Satuan Lalu Lintas seluruh Indonesia dan Satuan Lalu Lintas Polresta Banyuwangi pada khususnya. Semoga Allah SWT, senantiasa meridhoi setiap langkah dan upaya kita dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ujar AKBP Nasrun.

Sementara itu, Uswatun warga Glagah, nenek dari salah satu anak yatim piatu korban Covid-19, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Polresta Banyuwangi atas kepedulian dan perhatiannya kepada sang cucu yang masih berusia 11 tahun.

“Saya sampaikan banyak-banyak terima kasih sekali, mudah-mudahan Allah yang membalasnya. semoga Polresta Banyuwangi ke depannya semakin jaya dan semakin dekat dengan masyarakat,” ujar Uswatun. (guh/rev)