Dorong Milenial Jadi Peternak dan Petani, Dispaperta Sidoarjo Sulap BPP Jadi Youth Center | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Dorong Milenial Jadi Peternak dan Petani, Dispaperta Sidoarjo Sulap BPP Jadi Youth Center

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Rabu, 22 September 2021 23:32 WIB

TINJAU: Anggota Komisi B Sudjalil dan Kepala Dispaperta Eni Rustianingsih melihat sapi yang mendapatkan IB dan PKB di Pasar Hewan Krian, Rabu (22/9/2021). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Sidoarjo mendorong generasi muda () agar mau menerjuni usaha peternakan dan pertanian. Upaya itu untuk mencetak para peternak dan petani handal serta mengantisipasi berkurangnya jumlah peternak dan petani di Kota Delta ini.

Kepala Eni Rustianingsih mengatakan, semakin lama jumlah peternak semakin berkurang. Nah sebagai upaya menumbuhkan peternak baru, perlu ada upaya. Misalnya, memasukkan materi peternakan ke sekolah maupun pondok pesantren.

"Artinya kita ajari anak-anak budi daya ternak itu seperti apa," cetus Eni saat Pembinaan Usaha Peternakan Melalui Pelayanan Inseminasi Buatan (IB) dan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) Massal di Pasar Hewan Krian, Rabu (22/9/2021).

Bagi yang suka riset, bisa belajar soal penyakit-penyakit hewan ternak, misalnya sapi. Selain itu bisa belajar peternakan dari sisi sistem bisnis digital terkait pemasaran produk-produk peternakan.

"Nah, kami ingin masing-masing Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) itu juga menjadi Youth Center sebagaimana bupati menyampaikan, salah satu dari 17 programnya adalah menciptakan pusat-pusat (pelatihan) untuk ," beber Eni.

Kata Eni, saat ini pihaknya bekerja sama dengan kepala desa (kades) yang wilayahnya memiliki potensi peternakan dan pertanian, untuk mendapatkan data pelatihan apa yang dibutuhkan oleh di desa tersebut.

Dengan menyulap BPP yang berfungsi sebagai Youth Center dalam bidang peternakan dan pertanian, pihaknya juga berharap upaya itu bisa mendukung program 100.000 Lapangan Kerja Baru, yang juga bagian dari 17 program Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor-Wabup Subandi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video