Struktur Bangunan Kuno di Belakang RS Kota Blitar, Diduga Permukiman Bangsawan Era Majapahit

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Senin, 27 September 2021 14:52 WIB

Arkeolog dari BPCB Jatim saat melakukan eskavasi struktur bangunan berupa batu bata kuno di belakang RSUD Mardi Waluyo.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebuah struktur bangunan berupa batu bata kuno ditemukan di belakang RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar, tepatnya di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan. Struktur bangunan itu diduga adalah permukiman bangsawan di era Kerajaan Majapahit.

Hal ini diketahui setelah dilakukan penggalian oleh tim dari Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Tim telah bekerja melakukan penggalian di beberapa titik untuk mengetahui kondisi benda apa yang ada di dalam tanah.

Hasilnya, ditemukan sejumlah benda yang menjadi pendukung temuan bata kuno tersebut. Di antaranya gerabah, pecahan keramik, dan sejumlah alat permainan anak tempo dulu.

Sedangkan struktur bata kuno identik dengan peninggalan masa kerajaan. Termasuk ukuran dan bentuk bata diyakini merupakan ukuran dan bentuk di era Kerajaan Kediri atau Kerajaan Majapahit.

Bahkan, beberapa di antara temuan itu diyakini sebagai peninggalan Dinasti Song. Gerabah Dinasti Song zaman dulu hanya dimiliki oleh kaum bangsawan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video