Tuntut Tanah yang Dikuasai PTPN XII Dikembalikan, Ratusan Massa Geruduk Kantor Pemkab Kediri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tuntut Tanah yang Dikuasai PTPN XII Dikembalikan, Ratusan Massa Geruduk Kantor Pemkab Kediri

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Rabu, 29 September 2021 11:55 WIB

Korlap aksi, Rahmat Mahmudi, saat melakukan orasi di depan Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Ormas GR-MKLB, Bara Juang, dan Kelompok Tani Maju Makmur Desa Babadan, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, menggelar demo di depan Kantor DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kediri, Rabu (29/9).

Aksi damai yang dilakukan oleh sekitar 300 orang tersebut menuntut tanah di area Eks Dusun Balerejo seluas kurang lebih 124 hektare yang dikuasai Ngrangkah Pawon dikembalikan kepada warga.

Korlap Aksi, Rahmad Mahmudi, mengatakan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, salah satunya yakni karena warga Eks Dusun Balerejo sebanyak kurang lebih 158 KK merasa diperlakukan tidak adil dan layak secara kemanusiaan oleh .

Warga terpaksa turun ke jalan karena surat permohonan audiensi yang telah dikirim, belum mendapat tanggapan. Untuk itu, pihaknya ingin menemui Bupati Kediri secara langsung.

"Warga kecewa karena keinginan warga untuk beraudiensi dengan bupati guna menyampaikan aspirasi dan meminta dukungan terhadap perjuangan warga dalam upaya memperoleh kembali hak penguasaan atas tanah tersebut tidak mendapat tanggapan dari bupati," ujarnya.

Rahmad menjelaskan, tujuan aksi damai dan audiensi ini adalah untuk meminta kepedulian dan dukungan Bupati Kediri atas perjuangan warga dalam upaya memperoleh kembali hak atas tanahnya yang saat ini dikuasai oleh PTPN XXI.

"Bentuk dukungan dimaksud secara konkret adalah Bupati Kediri ikut mengetahui dan mendukung perjuangan ini dengan membubuhkan tanda tangan pada surat permohonan warga yang ditujukan kepada Presiden RI dan menteri terkait," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video