​Peringati Hari Museum Nasional, Pemkot Kediri Ajak Remaja Baca Aksara Jawa Kuno | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Peringati Hari Museum Nasional, Pemkot Kediri Ajak Remaja Baca Aksara Jawa Kuno

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 12 Oktober 2021 21:02 WIB

Sejumlah remaja di Kota Kediri saat belajar baca aksara Jawa Kuno di museum Airlangga. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah mengajak 17 peserta Saka Pariwisata untuk Belajar Bersama di Museum Airlangga, Selasa (12/10). Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional.

Wali , Abdullah Abu Bakar, mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Menurut dia, hal ini sekaligus membangkitkan kepedulian para pemuda dengan peninggalan bersejarah di Museum Airlangga.

“Metode belajar seperti ini dapat dilanggengkan ke depannya. Karena menjadi cara belajar baru bagi para pemuda, dan dapat meningkatkan minat mereka untuk mengunjungi museum. Dengan begitu, peninggalan sejarah dan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya dapat tetap terjaga,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum, Nur Muhyar. Ia berpesan bahwa kegiatan belajar di museum perlu dipupuk sebagai bentuk pelestarian budaya, terlebih pembelajaran sejarah selama ini hanya melalui teori saja.

Sementara itu, salah satu narasumber Lulusan SOAS Universitas London yang juga tergabung dalam komunitas pemerhati budaya dan sejarah, Eko Bastiawan, menyampaikan bahwa saat ini masih banyak prasasti di luar sana yang belum masuk dan dirawat di museum. Ia berharap, nantinya akan semakin banyak generasi muda yang mampu membaca aksara Jawa Kuno dan dapat membantu pembacaan prasasti.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video