Komitmen Kurangi Kesenjangan Gender, Pemkab Lamongan Diganjar Penghargaan APE 2020

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Rabu, 13 Oktober 2021 20:44 WIB

Bupati Yuhronur Efendi dan Wabup Abdul Rouf menerima piala dan penghargaan APE 2020.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Berbagai kebijakan terus dilakukan secara optimal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan untuk mengurangi kesenjangan gender. Hal tersebut mengantarkan Lamongan menjadi salah satu kabupaten yang memperoleh Penghargaan (APE) tahun 2020 kategori madya (pengembangan) dari (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) RI, yang diserahkan secara virtual, Rabu (13/10).

APE merupakan bentuk penghargaan atas komitmen dan peran pimpinan dan stakeholder pimpinan pusat maupun daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). APE juga penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai untuk menunjukkan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

Yuhronur Efendi mengungkapkan, dalam menanggapi Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam pembangunan nasional, pada tahun 2019 telah mengeluarkan Perda Nomor 15 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Perbup Lamongan Nomor 22 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis penyusunan perencanaan dan penganggaran responsif gender.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video