LEBJ Kini Perluas Jaringan Eye Donation Center

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Diyah Khoirunnisa
Rabu, 20 Oktober 2021 19:04 WIB

Kepala/Direktur Medis LEBJ, Dr. Sharita Siregar, SpM(K) saat melakukan virtual terkait jaringan penyedia kornea.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Data WHO menyebut, kelainan kornea sebagai penyebab kebutaan terbesar keempat di dunia. Setelah katarak, glaukoma, dan degenerasi makula.

Di Indonesia, menurut Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami), diperkirakan 1 per 1.000 orang menderita kebutaan akibat kelainan kornea. Atau sebanyak 270 ribu dari 270 juta jiwa masyarakat Indonesia mengalami kebutaan karena hilangnya transparansi yang merupakan sifat dasar dari kornea.

Guna menangani hal itu, Lions Eye Bank Jakarta (LEBJ) menghadirkan 12 titik Eye Donation Center (EDC) yang tersebar di 9 kota dan 6 provinsi.

“Kehadiran 12 titik Eye Donation Center (EDC) yang tersebar di 9 kota dan 6 provinsi, diharapkan semakin mudah menjangkau layanan LEBJ untuk mendonorkan mata mereka. Maka semakin cepat pula penanganan para pasien yang membutuhkan tindakan transplantasi kornea,” ujar Kepala/Direktur Medis LEBJ, Dr Sharita Siregar, SpM(K), Rabu (20/10).

Menurutnya, setiap EDC terafiliasi dengan induknya, sehingga menerapkan standarisasi pengambilan, pengelolaan, serta distribusi jaringan kornea yang berkualitas. Teknisi LEBJ yang telah tersertifikasi akan memastikan pengambilan kornea, serta proses transportasi kornea donor secara aman menuju rumah sakit mata yang membutuhkan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video