Sudi Silalahi, Jenderal Batak yang Berani Ingatkan Presiden Salat Jumat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sudi Silalahi, Jenderal Batak yang Berani Ingatkan Presiden Salat Jumat

Editor: MMA
Rabu, 27 Oktober 2021 05:50 WIB

Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Jenderal Sudi Silalahi - mantan Sekretaris Negara RI dan Pangdam V/Brawijaya - wafat. Jenderal asal Batak itu sangat rajin ibadah. Bahkan ia satu-satunya menteri dan jenderal yang berani mengingatkan Presiden untuk salat Jumat. Benarkah?

Simak tulisan wartawan terkemuka, Dahlan Iskan, di Disway dan HARIAN BANGSA pagi ini, Rabu 27 Oktober 2021. Atau di BANGSAONLINE.com di bawah ini. Khusus pembaca di BaBe, agar tak terpotong, sebaiknya klik ‘lihat artikel asli’ di bagian akhir tulisan ini. Selamat membaca:

GELARNYA tidak hanya Jenderal Batak dari Tanah Jawa. Juga tidak hanya pangkat terakhirnya yang Letnan Jenderal. Atau jabatannya yang sampai Menteri Sekretaris Negara.

Sudi Silalahi juga kami kenal sebagai salah satu menteri yang paling rajin salat. Bahkan seperti dituturkan Dipo Alam: hanya Pak Sudi yang berani mengingatkan Presiden . Yakni ketika sudah tiba waktunya salat Jumat.

"Hanya Pak Sudi yang berani. Saya tidak berani. Pak Hatta pun tidak berani," ujar Dipo Alam, mantan ketua Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia yang kemudian menjabat Sekretaris Kabinet. ''Pak Hatta'' yang dimaksud adalah Hatta Rajasa, Menko Perekonomian yang kemudian menjadi besan Pak .

Sudi Silalahi meninggal Senin malam (25/10/2021) lalu di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Sudi dirawat di situ selama satu Minggu. Awalnya menggembirakan. Membaik. Senin pagi sudah kelihatan sehat. Sudah bercanda dengan cucunya.

Senin malam Sudi memanggil anak laki-lakinya. Sang anak kaget. Demikian juga istrinya. Di situ Sudi menyampaikan banyak pesan: agar rajin salat, berbuat baik, dan rukun.

Dari nada pesannya, Sudi seperti mengisyaratkan akan meninggal dunia. Anak dan istrinya menangis. Beberapa jam kemudian Sudi meninggal dunia.

Saya sendiri sudah lama tidak bertemu Pak Sudi. Memang beberapa kali ada pertemuan semacam reuni anggota kabinet Presiden . Tapi saya baru sekali bisa hadir –sekitar 4 tahun lalu.

Kontak terakhir saya dengan Pak Sudi terjadi tiga-empat bulan lalu. Saya meneleponnya: soal pengalaman disuntik Vaksin Nusantara.

Pak Sudi mengaku sehat-sehat saja. Saya sudah menuliskannya di Disway kala itu. Saya juga melihat fotonya yang segar bugar.

Setelah itu Pak Sudi beberapa kali menelepon saya. Beliau menjelaskan hubungannya dengan dokter Terawan. Tentu hubungan yang sangat dekat. Dokter Terawan adalah dokter kepresidenan. Hampir setiap kali Presiden dinas ke luar negeri Sudi menyertai. Demikian juga dokter Terawan.

Sudi juga bercerita: sempat memfasilitasi pembelian mesin DSA untuk RSPAD. Sebelum itu Sudi sendiri menjalani ''brain wash'' DSA di negeri asal penemuannya: Amerika Serikat. Yakni setelah ditemukan ada penyumbatan di saluran darah di otaknya. Terawan yang menemaninya.

Tapi bukan penyumbatan itu yang kambuh, yang menyebabkannya meninggal kali ini. Yang saya tahu Sudi juga punya sakit lain: yang banyak dialami laki-laki senior.

Suatu saat, sakitnya itu sempat membuatnya absen hampir dua bulan. Sampai harus diangkat Mensesneg ad interim. Kalau tidak salah ingat, Seskab Dipo Alam yang diminta merangkap jabatan Mensesneg.

Saya tidak pernah mendengar sakit lamanya itu kambuh kembali. Memang, ketika perjalanan pulang dari Amerika itu tiba di Kyoto, Sudi tergeletak di kelas ekonomi pesawat yang membawa rombongan presiden. Kencingnya berdarah. Sempat ada diskusi: dimasukkan rumah sakit di Kyoto atau terus dibawa pulang ke Jakarta.

Waktu itu Pak Sudi sudah pasrah. Bahkan sudah pamit-pamit. Sudah minta diampuni segala kesalahan.

Akhirnya dokter yang memutuskan: terus terbang ke Jakarta. Langsung masuk RSPAD. Kembali sehat. Kembali menjabat Mensesneg. Sampai selesai. Bahkan tetap sehat sampai pekan lalu.

Setelah pensiun Sudi tinggal di satu perumahan di Bekasi. Memang di situ rumahnya sejak lama. Agar tidak jauh dari lokasi Cilangkap –markas besar TNI.

Saya sendiri tidak pernah bertanya soal perkembangan sakitnya yang dulu itu. Termasuk apakah punya potensi berkembang menjadi kanker prostat.

Yang jelas Pak Sudi berhasil hidup sehat sampai umur 72 tahun. Ia lahir di Pematang Siantar, Sumut tahun 1949. Ia termasuk punya gelar Siantar-man –yang jadi kebanggaan orang sukses dari Siantar.

Ayahnya memang Batak Tapanuli. Ibunya yang Jadel –Jawa Deli. Yakni keturunan orang dari Jawa yang dipaksa ke Sumut untuk menjadi buruh kontrak di Deli. Di zaman Belanda. Perkawinan itu dilaksanakan secara Islam.

Sudi kecil amat miskin. Tapi tekadnya kuat. Sampai berhasil masuk AKABRI –satu angkatan dengan Pak . Terus dekat dengan Pak . Pun di zaman Pak menjabat Menko Polkam. Pak Sudi sekretaris menkonya. Lalu sekretaris kabinet. Lanjut ke sekretaris negara.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video