Billy, Pemuda Kota Kediri yang Sukses Lebarkan Pasar Keripik Tempe Hingga Mancanegara

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Kamis, 28 Oktober 2021 14:10 WIB

Pemilik Keripik Tempe Pakuaty, Billy Bachtiar, saat menunjukkan produknya. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di tangan Billy Bachtiar, seorang pemuda asal Kota Kediri, tempe bisa berubah menjadi keripik yang merambah mancanegara. Sejak tahun 2017, produk keripik tempe milik Billy yang diberi nama "Pakuaty" sudah mampu menembus ekspor ke negara Amerika. 

“Untuk pengiriman di Amerika, produk yang dikirim mencapai 2.000 bungkus tiap periode kirim,” ujar Billy Bachtiar, Kamis (28/10). Untuk pengiriman luar negeri, ia mengaku bekerja sama dengan ekspedisi logistik.

Ia mengungkapkan, tempe masuk kategori "super food" di luar negeri, sehingga harganya mahal. Karena itu, sangat potensial untuk pasar ekspor. Apalagi, keripik tempe produksnya sudah tersertifikasi Halal MUI, SNI, bahkan sertifikasi internasional.

Namun saat pandemi keperti ini, penjualan keripik tempe miliknya cukup terkendala pengiriman. Ia pun berharap kondisi segera pulih sehingga pengiriman ke luar negeri dapat kembali lancar.

“Saat ini pasokan ke Amerika masih terhenti terlebih dahulu. Saya optimalkan penjualan di Indonesia melalui online dan offline. Selain itu, saat ini juga sedang melakukan negosiasi pemasaran di Jerman dan Timur Tengah,” jelasnya.

Selain ekspor, ia juga memasarkan produk keripik tempenya di pasar dalam negeri. Termasuk melalui Program Pusaka , yang memberikan kesempatan kepada UMKM untuk memasarkan produknya di swalayan berjejaring. Menurutnya, program tersebut cukup mendukung keberlangsungan usahanya selama pandemi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video