Komunitas Oleng-oleng Gelar Sosialisasi dan Edukasi Konservasi Sumber Air | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Komunitas Oleng-oleng Gelar Sosialisasi dan Edukasi Konservasi Sumber Air

Editor: Rohman
Wartawan: Muji Harjita
Selasa, 02 November 2021 19:33 WIB

Dari kiri: Aning (Dinas LH Kab Kediri); Yudha Nusa (Dinas PUPR Kab Kediri); Wakil Danramil Wates, Peltu Tri Yudha; Camat Wates, Arief Gunawan; Kapolsek Wates, AKP Suharyanta; dan Koordinator Komunitas Oleng-Oleng, Heri DK. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Salah satu di Kabupaten Kediri, , bekerja sama dengan Kantor menggelar sosialisasi dan edukasi konservasi sumber air di kantor kecamatan setempat, Selasa (2/11).

Peserta sosialisasi adalah para kepala desa di atau yang mewakili, yang desanya terdapat sumber air. Sosialisasi ini dinilai penting, mengingat tidak semua kepala desa mamahami cara terbaik untuk memelihara dan memanfaatkan sumber air itu.

"Di ini diperkirakan ada lebih 60 sumber air. Rata-rata sumber air tersebut kurang terawat dan bahkan terancam mati. Makanya, diperlukan upaya untuk menyelamatkan sumber air itu," kata Koordinator , Heri DK.

Ia mengatakan bahwa komunitasnya ingin melengkapi apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk melestarikan lingkungan. Menurut dia, ada beberapa upaya konservasi sumber daya air yang dapat dilakukan agar sumber air tetap terjaga.

Salah satu upaya tersebut, ialah dengan menanam pohon di sekitar sumber air dengan pohon yang banyak menyimpan cadangan air. Ia berujar, konservasi sumber air adalah hal yang sangat perlu dilakukan sebagai upaya penyelamatan sumber daya air.

"Kami juga terus akan melakukan penanaman pohon, terutama di kawasan sumber air dan akan merawatnya," tuturnya.

Menurut Heri, dengan menjaga sumber air, wisata alam juga tetap bisa jalan.

Sementara itu, Camat Wates, Arief Gunawan, mengatakan bahwa sosialisasi dan edukasi konservasi sumber air ini sangat penting. Ia menuturkan, sosialisasi ini juga memberikan pemahaman terkait tata cara menebang pohon di kawasan tersebut.

"Kita bersyukur di wilayah ini ada komunitas yang peduli dengan lingkungan khususnya sumber air, yaitu ," kata Arief.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video