Menteri PUPR Tinjau Penanganan Banjir Bandang di Kota Batu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menteri PUPR Tinjau Penanganan Banjir Bandang di Kota Batu

Editor: Rohman
Wartawan: Agus Salimullah
Kamis, 11 November 2021 15:52 WIB

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, bersama rombongan saat meninjau lokasi banjir bandang di Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) , melihat langsung penanganan banjir di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, , Kamis (11/11). Ia menuturkan telah memonitor dan mengirim ekskavator untuk membersihkan material banjir sejak hari pertama. 

Menurut dia, banjir bandang ini serupa dengan kejadian di daerah lain, yakni tersumbatnya air akibat material longsoran yang telah menjadi bendung alam di bagian hulu, di mana jumlahnya terus bertambah. Saat curah hujan tinggi, bendung-bendung alam itu tidak kuat menahan luapan air sehingga menjadi banjir bandang yang mengalir ke alur sungai.

Ia mengatakan bahwa upaya penanganan banjir bandang di adalah dengan segera membersihkan dan melebarkan alur sungai tersebut. Sedangkan untuk masyarakat yang terdampak dan berada di bantaran alur sungai sepanjang 4 kilometer itu harus segera direlokasi.

Berikutnya, lanjut Basuki, melakukan perbaikan utilitas terdampak, salah satunya pipa air minum, bekerja sama dengan PDAM. Selain itu, ada jembatan yang juga harus segera diperbaiki oleh pihak Binamarga agar lebih layak, serta pelebaran gorong-gorong.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video