Sungai Kambeng Tercemar, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan Digeruduk Warga Desa Bulusari | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sungai Kambeng Tercemar, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan Digeruduk Warga Desa Bulusari

Editor: Rohman
Wartawan: Ahmad Habibi
Rabu, 17 November 2021 14:56 WIB

Warga Desa Bulusari serta perwakilan dari beberapa kepala dusun saat mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Belasan warga serta perwakilan dari beberapa kepala dusun berbondong-bondong mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten , Rabu (17/11). Mereka meminta kepada dinas terkait untuk memberi sanksi kepada PT Harapan Abadi Tekstil Indonesia (HATI) yang diduga membuang limbah ke Sungai Kambeng.

Warga yang tinggal di sekitar sungai resah lantaran kondisi air mulai berubah warna sehingga mengganggu aktivitas mereka. Keadaan itu dirasakan bertahun-tahun oleh warga di sana, namun tidak ada tindakan yang tegas dari pihak DLH Kabupaten .

Aparatur , Hari, membenarkan air Sungai Kambeng berwarna pekat dan menjadi polemik antarwarga di wilayahnya. Bahkan, pihaknya kerap menerima akibat berupa fitnah dari warga atas tercemarnya Sungai Kambeng. 

“Kami berusaha mentolelir kondisi tersebut, lantaran ada warga yang bekerja di sana. Tapi, mohon dimengerti dan dipahami. Agar limbahnya ditangani dengan baik,” ujarnya, Rabu (17/11).

Ia memaparkan, pencemaran sungai itu tidak hanya dirasakan oleh warga dari beberapa dusun di , tetapi juga oleh berdampak bagi warga Ngerong, Jerukpurut, dan Wonosari. Diduga kuat, PT HATI yang berdiri di Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, menjadi biang persoalan limbah di Sungai Kambeng.

Karena itu, Hari bersama warga setempat mendesak agar perusahaan memproses limbahnya dengan baik. Selain itu, meminta perusahaan mengembalikan baku mutu air yang tercemar dan meningkatkan kepedulian untuk masyarakat.

Kambeng menjadi sorotan dari Aktivis di Kabupaten , Ismail Maki. Ia meminta dinas terkait tidak berpangku tangan dengan kondisi pencemaran tersebut karena masyarakat sekitar merasakan dampaknya.

“Harus ada tindakan. Jangan hanya pencemaran lingkungan tersebut dibiarkan,” kata Ismail.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video