Pemkab Banyuwangi Gelar "Festival Sego Tempong" | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Banyuwangi Gelar "Festival Sego Tempong"

Editor: Revol
Wartawan: Nanang Supriyadi
Rabu, 25 Maret 2015 16:55 WIB

Nasi Tempong Banyuwangi. (Nanang Supriyadi/BangsaOnline.com)

BANYUWANGI (BangsaOnline) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan menggelar "Festival Sego Tempong" yang merupakan kekayaan kuliner lokal daerah itu di Taman Blambangan, Sabtu, 28 Maret 2015.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Banyuwangi, Alief Kartiono memaparkan Sego tempong adalah makanan khas Banyuwangi yang terkenal pedasnya. Tempong diartikan sebagai dipukul dengan keras. Jadi, saat menikmati makanan sego tempong, kita seakan-akan sedang dipukul karena rasanya yang sangat pedas. Menu nasi itu terdiri atas tahu, tempe, ikan asin, dan gimbal jagung (dadar jagung). Sayurnya juga khas, yaitu sayur bayam, selada air, terong rebus, dan sayur sawi.

"Kami sengaja menggelar kegiatan ini agar wisatawan bisa menikmati kuliner khas Banyuwangi, karena selain memiliki sejumlah destinasi wisata, Banyuwangi kaya akan kuliner yang mempunyai cita rasa tersendiri," ujar Alif

Dengan festival ini, cita rasa dan penampilan sego tempong akan meningkat. Penjual juga akan semakin mengerti bagaimana cara penyajian yang menarik bagi wisatawan. "Tindak lanjutnya nanti kami ingin setiap wisatawan yang datang ke Banyuwangi akan mencari sego tempong," katanya.

Sementara, festival ini dibagi menjadi sejumlah kategori. Di antaranya kategori pedagang warung/depot dan umum, hotel dan restoran.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video