Program Healthy Day, Siswa-siswi SMP Al Muslim Sidoarjo Tanam Pohon di TPST Berbek

Editor: Rohman
Wartawan: Mustain
Senin, 29 November 2021 18:10 WIB

Siswa- siswi SMP Al Muslim Waru, Sidoarjo, saat menanam pohon di TPST Desa Berbek. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah siswa SMP Al Muslim Waru Sidoarjo menanam beberapa jenis pohon di sekitar Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Berbek Kecamatan Waru. Agenda tersebut merupakan bagian dari program Healthy Day yang rutin digelar setiap akhir bulan.

"Kami menanam pohon di ini, karena tempat itu masih jarang pohon dan pengolahan sampah warga dengan pembakaran. Meski pembakaran menggunakan alat dan hasil pembakarannya tidak menunjukkan warna hitam, tetapi diperlukan pengolahan karbondioksida menjadi oksigen," kata Ketua Panitia, Ustazah Nurun Nisa’ul Istiqomah, melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Senin (29/11).

Kegiatan rutin akhir bulan itu digelar bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang bertajuk 'Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku'. Nurun berujar, penanaman pohon dilaksanakan dua siswa setiap kelas, seluruh guru dan petugas kebersihan sekolah, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok untuk menanam bibit pohon.

Sebelumnya, lanjut Nurun, pihaknya bekerja sama dengan BPDAS Brantas Kemlagi Mojokerto untuk penyediaan bibit tanaman. Terdapat tujuh jenis bibit tamaman, yakni pohon Jati (Tectona grandis), Sengon (Albizia chinensis), Tabebuya (Tabebuia), Buah Kelengkeng (Dimocarpus longan), Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus), Buah Jambu (Psidium guajava), Buah Rambutan (Nephelium lappaceum).

"Kegiatan penanaman ini ditayangkan secara langsung di Instagram SMP Al Muslim, dan dipandu oleh Nabiilah Adzra siswi kelas IX B," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video