Diresmikan Jokowi, Waduk Gongseng Bojonegoro Diharapkan Dapat Tingkatkan Pertanian | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Diresmikan Jokowi, Waduk Gongseng Bojonegoro Diharapkan Dapat Tingkatkan Pertanian

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Rabu, 01 Desember 2021 00:36 WIB

Presiden Jokowi saat menandatangani prasasti peresmian Bendungan Gongseng.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bendungan atau di Desa Kedungsari, Kecamatan Temayang, Kabupaten , diresmikan Presiden Joko Widodo didampingi Bupati Anna Mu’awanah, Selasa (30/11/2021). Peresmian dilakukan di Trenggalek bersamaan dengan peresmian Bendungan Tugu di Trenggalek.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan dan Bendungan Tugu telah siap dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan. dibangun pada 2013-2021 memiliki daya tampung 22,43 juta meter kubik dan tampungan efektif sebanyak 14,75 juta meter kubik.

Bendungan ini memiliki luas genangan 390,6 hektare dan mampu mereduksi banjir hingga 121,18 meter kubik per detik. "Sering bisa menanam dan panen sehingga diharapkan pendapatannya meningkat," katanya.

sangat bermanfaat pada penyediaan air baku 300 liter per detik bagi 120.000 jiwa di 4 kecamatan. Waduk ini juga akan memberikan layanan irigasi bagi beberapa kecamatan, di antaranya Sumberejo, Kanor, Balen, Kepohbaru, Baureno.

Acara peresmian itu dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Anna Muawanah, dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sumber Daya Air (SDA) , Erick Firdaus menuturkan keberadaan ini sangat vital bagi petani, karena air menjadi kunci keberhasilan utama bagi pertumbuhan tanaman.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video