Rawan Sebabkan Banjir Bandang, Reboisasi di Lereng Gunung Arjuno Harus Segera Dilakukan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rawan Sebabkan Banjir Bandang, Reboisasi di Lereng Gunung Arjuno Harus Segera Dilakukan

Editor: Rohman
Wartawan: Agus Salimullah
Kamis, 02 Desember 2021 10:13 WIB

Suprapto saat meninjau kondisi pepohonan di lereng Gunung Arjuno.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Bekas lokasi kebakaran di lereng mendesak dilakukan . Pasalnya, tanah di lereng sudah jenuh dan tidak bisa menyerap air, sehingga rawan menyebabkan banjir bandang di , seperti yang terjadi 4 November lalu.

Menurut Suprapto, warga Dusun Junggo RT 01 RW 10 Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, , tanah di menjadi jenuh akibat diguyur hujan deras terus menerus. Sehingga, menyebabkan tanah tidak bisa menyerap air dan mengakibatkan banjir bandang.

"Kemungkinan hujan deras itu berada di bagian tanaman rumput gebut yang jaraknya dari puncak 30 menit perjalanan. Untuk mencegah terjadinya banjir bandang di waktu mendatang, lereng bekas terjadinya kebakaran hutan 4 tahun yang lalu harus dilakukan ," kata pria yang sudah 15 tahun jadi pemandu wisata bagi pendaki di Lereng ini.

Suprapto mengatakan, jenis tanah lereng yang berbatu dan sangat curam akan sangat membahayakan kalau tidak segera ditanami kayu kembali. "Kalau bisa jenis kayu yang ditanam di sana kayu eprek atau kayu bulu yang bisa menyerap air," ujar Suprapto seraya mengatakan bahwa musim hujan seperti saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan .

Ia juga mengingatkan pendaki agar tidak melakukan pendakian di saat musim hujan seperti ini, karena petirnya sangat membahayakan keselamatan manusia. "Pohon saja bisa langsung terbakar (tersambar petir)," cetusnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video