Hadiah Hari Jadi Bojonegoro ke-344, Seniman Sayap Jendela Art Gelar Sandur Kolosal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hadiah Hari Jadi Bojonegoro ke-344, Seniman Sayap Jendela Art Gelar Sandur Kolosal

Editor: Revol Afkar
Wartawan: Eky Nurhadi
Sabtu, 04 Desember 2021 22:15 WIB

PERSIAPAN: Para pemain sandur dari Komunitas Sayap Jendela Arts sedang melakukan geladi bersih sebelum pertunjukan nanti malam. Foto: EKY NUR HADI/ BANGSAONLINE.com

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten memiliki bermacam produk kesenian tradisional yang masih berkembang di masyarakat. Seperti seni pertunjukkan , Oklik, dan Lesung. Masing-masing memiliki pesan yang mampu memberikan nilai-nilai pendidikan, hiburan, serta pelestarian untuk menyelaraskan kehidupan masyarakat dengan lingkungan sekitarnya.

Di usianya yang memasuki 344 tahun, Kabupaten mulai banyak mengalami perubahan, baik segi infrastruktur, budaya, maupun perkembangan masyarakat yang lebih modern. Perayaan Hari Jadi (HJB) 2021 Oktober lalu menjadi momen untuk melakukan refleksi di tengah perayaan atas capaian yang sudah dilakukan dalam setahun belakangan.

Sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan dalam kebudayaan masyarakat, Sayap Jendela Arts Laboratory didukung oleh Pemkab bersama Operator Lapangan Migas Banyuurip Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited menggelar pertunjukan Kolosal bertajuk Sebuah Kado dari Wak Tangsil untuk Hari Jadi ke-344 pada 4 Desember 2021, pukul 19.00 WIB. Pertunjukan Kolosal ini dilaksanakan secara daring melalui akun YouTube Pemkab bersama Kembang Desa.

"Dengan begitu diharapkan bisa menciptakan keseimbangan dalam pembangunan sebuah daerah yang berbudaya. Perkembangan yang menuju ke arah kemajuan adab, budaya, dan persatuan untuk mempertinggi derajat kemanusiaan," ujar Sutradara Pertunjukan Kolosal, Oky Dwi Cahyo ditemui Sabtu (4/12) pagi.

Produk kesenian tradisional masyarakat yang sangat kaya dengan nilai-nilai pendidikan dan keseimbangan hidup, lanjut dia, seharusnya bisa menjadi identitas daerah jika ada upaya pelestarian dan pengembangan. Beberapa produk kesenian yang masih ada dan lestari di masyarakat sampai saat ini di antaranya , Oklik, Lesung, dan Gamelan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video