Kementerian Koperasi dan UKM Resmikan Pasar Syariah Al-Barokah Mlandingan Kulon Situbondo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kementerian Koperasi dan UKM Resmikan Pasar Syariah Al-Barokah Mlandingan Kulon Situbondo

Editor: Revol
Wartawan: Hadi Prayitno
Kamis, 26 Maret 2015 18:18 WIB

Emilia dan Bupati Dadang, didampingi sejumlah Pejabat Pemkab dan disaksikan warga saat gunting bunga dalam peresmian Pasar Desa Mlandingan Kulon, Situbondo. (Hadi Prayitno/BANGSAONLINE)

SITUBONDO (BangsaOnline) - Keberadaan Pasar Desa yang memadai menjadi alternatif untuk mengurangi terjadinya kesenjangan dalam mempercepat tumbuh kembangnya perekonomian di desa. Hal tersebut disampaikan Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH saat mendampingi Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Ir Emilia Suhaimi, MM dalam acara peresmian Pasar Syariah Al Barokah di Desa mlandingan Kulon Kecamatan Mlandingan yang di danai dari program kementerian Koperasi dan UKM, Kamis (26/3).

"Pembanguanan pasar-pasar desa ini merupakan upaya mengurangi kesenjangan yang pada akhirnya menciptakan semakin banyak masyarakat kita bisa merasakan pembangunan khususnya fasilitas yang selama ini sangat dibutuhkan dalam mempercepat tumbuh kembangnya perekonomian di wilayah," kata Dadang.

Dadang menekankan bahwa pertumbuhan yang tinggi haruslah diikuti dengan adanya pemerataan sehingga peningkatan kesejahteraan dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Hal tersebut, kata Dadang yang saat ini di tergetkan oleh pemerintah kabupaten untuk mencapai kesejahteraan masyarakat secara merata.

"Harapannya supaya memiliki sarana untuk berkembang dan sasarannya jelas, karena UKM adalah masyarakat kecil menengah. Maka tentu apa yang disebut selama ini dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi harus diikuti dengan pemerataan, itu adalah sebuah konsep atau rumus untuk menunjukkan pertumbuhan ekonomi, itu ada dampak keberhasilan bagi asyarakat dan ini bisa diukur apakah nanti angka kemisinan berkurang. Apabila nanti angka kemiskinan betul-betul berkurang sebagaimana yang terus kita targetkan berarti pembangunan pasar desa seperti ini dampaknya akan dirasakan langsung oleh masyarakat kecil," tegas Dadang.

Sementara, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Ir Emilia Suhaimi, MM mengatakan, pasar yang saat ini diresmikan merupakan program pembangunan dari kemeterian Koperasi dan UKM tahun anggaran 2014. Menurutnya, karena semua program bansos sempat dihentikan sementara, karena momentum pemilu sehingga pembangunan Pasar Desa Mlandingan yang masuk anggaran tahun 2004 tersebut baru selesai dan diresmikan tahun 2015. Namun menurutnya, hal tersebut tidak menyalahi aturan dan ketentuan program bansos di kementerian.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video