GP Ansor Gandeng Relawan, Tanam Pohon di Sumber Kajar | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

GP Ansor Kediri Gandeng Relawan, Tanam Pohon di Sumber Kajar

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 11 Desember 2021 15:00 WIB

Dari kiri, Kepala Desa Tiron Ina Rahayu, Ketua ARPL Kediri dr Ari Purnomo Adi, Anggota Aliansi Relawan Fathur, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kediri Gus Rizmi, dan Anggota Aliansi Relawan Eko, usai melakukan penanaman pohon secara simbolis. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - GP Ansor Kabupaten Kediri menggandeng relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri melakukan aksi di area Sumber Kajar di Dusun Kaligayam, Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Sabtu (11/12).

Sekitar 300 pohon dari berbagai jenis telah ditanam di lereng perbukitan kawasan Sumber Kajar. Anggota GP Ansor Kabupaten Kediri bahu-membahu dengan para relawan, aparat TNI-Polri, aparat Pemdes Tiron, dan Kediri.

Kades Tiron, Ina Rahayu, menyampaikan terima kasih kepada GP Ansor Kabupaten Kediri dan , yang telah melakukan di area Sumber Kajar.

Ia mengungkapkan, di Desa Tiron sebenarnya terdapat dua sumber yaitu Sumber Kajar di Dusun Kaligayam dan Sumber Nglemi di Dusun Babadan. Air dari kedua sumber itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga dan minum ternak.

"Sebelum dilakukan, kawan-kawan GP Ansor Kabupaten Kediri dan relawan sudah berkoordinasi dengan kami. Kami pun juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti pihak , Kecamatan, Polsek Banyakan dan Koramil," kata Ina Rahayu saat ditemui di lokasi Sumber Kajar, Sabtu (11/12).

Sumber Kajar ini memang berada di tengah hutan milik KPH Kediri. Di mana airnya sangat bermanfaat bagi warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Air dari Sumber Kajar ini juga untuk minum ternak, khususnya di Dusun Babadan dan Kaligayam.

"Kami dari pihak desa tentu akan ikut merawat pohon yang ditanam ini, agar bisa tumbuh dengan baik sehingga Sumber Kajar tetap terawat dan semakin deras sumbernya," pungkas Ina Rahayu didampingi Kasun Kaligayam, Yatirin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video