Raih Perak di PON XX, Enam Roster Tim Sulut Alumni Honda DBL, Gubernur Olly Dukung Honda DBL 2021 | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Raih Perak di PON XX, Enam Roster Tim Sulut Alumni Honda DBL, Gubernur Olly Dukung Honda DBL 2021

Editor: MMA
Sabtu, 11 Desember 2021 18:05 WIB

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey ketika membuka Honda DBL 2021 Seri Sulut di GOR RW Monginsidi, Jumat (10/12) sore. Foto: ist

MANADO, BANGSAONLINE.com - Kesuksesan Kontingen Basket Sulawesi Utara (Sulut) di PON XX Papua 2021 masih membekas bagi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. Ia menyadari talenta-talenta luar biasa yang mengharumkan nama Sulut itu banyak yang lahir dari liga pelajar, . Oleh karena itu, Gubernur Olly memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan 2021 North Sulawesi Series atau Seri Sulut.

Hal tersebut diungkapkan Olly ketika membuka 2021 Seri Sulut di GOR RW Monginsidi, Jumat (10/12) sore. Dalam sambutannya, Olly berharap kompetisi yang telah rutin terselengara di Sulut sejak 2008 atau 14 tahun silam ini bisa terus berlanjut. Ia berkomitmen memberikan dukungan penuh. Apalagi, DBL Indonesia sebagai penyelenggara juga berkomitmen menggelar kompetisi dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

“Saya berharap kompetisi ini bisa intens digelar di sini agar bisa terus memacu prestasi Sulut,” ujarnya. “Di PON Papua lalu, kita meraih medali perak. Kedepan, semoga bisa meraih prestasi lebih tinggi lagi,“ harapnya.

Di PON XX Papua 2021 lalu, Tim Basket Putra Sulut berhasil meraih medali perak. Ini adalah prestasi bersejarah bagi Sulut sejak keikutsertaannya di PON. Menariknya, dari 11 Toster Tim Basket Sulut, enam di antaranya merupakan alumni .

Keenam pemain itu adalah Fernando Manangsang (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon), Greans Tangkulung (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon), Andrew G Tampi (Manado International School), Kevin Tandayu (SMAK Theodorus Kotamobagu), Christ Sembel (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon), serta Andrew W. Lensun (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon).

Seperti penyelenggaraan di kota lain, 2021 North Sulawesi Series ini juga digelar dengan penerapan protokol kesehatan ketat, sesuai dengan arahan pemerintah. Sejumlah ketentuan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat harus dijalankan oleh DBL Indonesia serta Astra Honda Motor (AHM) selaku penyelenggara.

Seluruh yang terlibat dalam rangkaian kegiatan, mulai dari pemain, ofisial tim, kru atau panitia, media yang meliput, serta staf pendukung wajib memenuhi syarat protokol kesehatan. Yakni, telah mendapat vaksin dua dosis. Lalu dipastikan negatif Covid-19 melalui tes PCR dan swab antigen. Dan, wajib melakukan skrining menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Berjalannya kembali liga pelajar terbesar di tanah air Seri Sulut ini seakan menghapus kerinduan semua pihak. Setelah sempat terhenti selama satu musim karena pandemi Covid-19.

Hal ini juga yang diungkapkan Ketua Harian Perbasi Sulut, Clay Dondokambey. ”Kami sangat menyambut positif kembali terselenggaranya Honda DBL seri Sulut ini. Karena anak-anak pelajar di sini sudah lama menunggu agar bisa berkompetisi lagi. Setelah hampir dua tahun, akhirnya ada kompetisi yang mewadahi mereka,” ujar Clay yang juga menjadi manajer tim putra Sulut di PON Papua.

Clay yang juga salah satu aktor di balik keberhasilan tim Sulut di PON Papua, memuji prokes ketat yang diberlakukan . “Apa yang dilakukan sudah sesuai regulasi pemerintah. semoga bisa dilakukan kompetisi-kompetisi lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir di opening party North Sulawesi Series antara lain Alexander Abimanto (Honda Costumer Care Center Departement Head PT Daya Adicipta Wisesa), dr Andreas Nugroho Susanto (Siloam Hospital), Tommy Waworundeng (Direktur Umum Manado Post), Prof Dody Sumayow (KONI Sulut), Hanny Kandou (Sekum KONI Manado), Rahmad Kartolo (Senior Manager PT DBL Indonesia), Marcel Sendoh (Kadispora Sulut), dan Rifel Suban (Dikda Sulut).

2021 Seri Sulut ini berlangsung hingga 16 Desember mendatang. Diikuti total 21 tim dari sekolah se Sulawesi Utara. Terdiri dari 14 tim putra dan tujuh tim putri. (*)

Alumni di Skuad Basket Putra Sulut di PON Papua

1. Greans Tangkulung

Asal: SMA Lokon St Nikolaus Tomohon

Musim bermain: 2017 & 2018

Prestasi: Best 26 Camp 2019

2. Andrew G. Tampi

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video