Pungkasi Program Roots, Para Guru Terbitkan Buku Antologi Kisah Perundungan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pungkasi Program Roots, Para Guru Terbitkan Buku Antologi Kisah Perundungan

Editor: Tim
Wartawan: Yudi Arianto
Sabtu, 11 Desember 2021 21:35 WIB

Foto bersama stakeholder, fasgu, fasnas, dan agen perubahan dalam acara penutupan roots. Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Para dari enam provinsi menerbitkan buku berjudul "Antologi Kisah Perundungan". Peluncurannya dilakukan bersamaan dengan penutupan Program Roots Indonesia 2021 Wilayah Jawa yang digelar di secara daring dan luring dari Yello Hotel, Surabaya, pada Jumat (10/12/2021). Acara ini tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tepat.

Buku bunga rampai tersebut ditulis oleh dan fasilitas program nasional Roots yang berisi tentang pengalaman mereka terkait atau bullying di sekolah.

Dari 48 naskah, penyelenggara program memilih 39 naskah yang paling layak untuk diterbitkan dalam buku antologi tersebut. Buku ini diharapkan bisa membuka cakrawala pengetahuan dan mengedukasi masyarakat tentang , khususnya kepada anak-anak.

Selain antologi, ada pula buku tentang kreasi agen perubahan dan kisah-kisah sejati tentang agen-agen perubahan yang menjalani Program Roots tersebut.

Roots merupakan program pencegahan /bullying berbasis sekolah yang dikembangkan oleh Badan PBB yang mensi anak-anak (UNICEF) bersama Pemerintah Indonesia, akademisi, praktisi pendidikan dan perlindungan anak.

(Fathan, salah satu agen perubahan dari SMP 2 Buduran, Sidoarjo yang mendapat kesempatan untuk tampil di acara tersebut)

Program ini telah berhasil menurunkan hingga 29,6 persen angka di sekolah tingkat SMP yang dijalankan di Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan pada tahun 2017.

Roots difokuskan untuk menciptakan iklim positif di sekolah melalui kegiatan yang dipimpin oleh siswa sebagai agen perubahan untuk menyebarkan pesan dan perilaku positif di lingkungan sekolah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video