18 Warga Malang Dibaiat ISIS, Tiga Tersangka ternyata Anak Buah Abu Jandal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

18 Warga Malang Dibaiat ISIS, Tiga Tersangka ternyata Anak Buah Abu Jandal

Editor: Revol
Wartawan: Robert
Jumat, 27 Maret 2015 01:31 WIB

Densus 88 jaga ketat rumah salah satu tersangka teroris di Malang. (Robert/BANGSAONLINE)

MALANG (BangsaOnline) - Sebanyak 18 warga Malang diduga telah dibaiat kelompok radikal ISIS sebagai anggota. Masuknya ke-18 orang tersebut ke dalam ISIS tak lepas dari peran tiga terduga anggota kelompok ISIS yang dibekuk Densus 88 Antiteror Rabu (25/3).

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anas Yusuf mengakui, sejauh ini sudah ada 18 warga Malang yang sudah positif bergabung dengan ISIS.

Diduga, mereka telah mendapat pelatihan militer seperti merakit senjata dan bom. Meski demikian, belasan orang itu belum berangkat ke Syiria untuk bergabung dengan ISIS. Kapolda mengatakan mengupayakan agar pemikiran soal ISIS tak semakin berkembang.

"Kami terus lakukan pendalaman, termasuk mendalami aliran dana mereka," kata Anas saat di Mapolres Malang Kota, Kamis (26/3).

Sementara kemarin, Tim Gabungan Detasemen Khusus 88 Mabes Polri dan Polda Jawa Timur terus mengembangkan dan memantau pergerakan kelompok radikal di Malang. Hal ini menyusul penangkapan terduga kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kemarin. Menurut Kapolda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Anas Yusuf, setidaknya dalam penggerebekan Rabu kemarin di Malang, ada tiga terduga anggota ISIS ditangkap.

"Tiga orang yang diamankan masing-masing berinisial AH, AM dan AJ. Mereka diindikasikan terlibat jaringan kelompok Salim Al Mubarok alias Abu Jandal yang baru pulang dari Suriah," kata Anas Yusuf.

Seperti diketahui, Rabu (25/3) Tim Densus 88 dibantu anggota Polda Jawa Timur sekitar pukul 10.00 WIB menangkap seorang terduga anggota ISIS di sebuah warnet di Jalan Arief Margono, Kota Malang. Dia adalah Abdul Hakim Munabari (44 tahun) warga Jalan Ade Irma Suryani Nasution Gg III/306, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Saban hari dia bekerja sebagai penjual kopi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   isis

Berita Terkait

Bangsaonline Video