Garuda segera Diputuskan Pailit atau Tidak, Pelita Indonesia Siapkan 40 Pesawat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Garuda segera Diputuskan Pailit atau Tidak, Pelita Indonesia Siapkan 40 Pesawat

Editor: MMA
Rabu, 29 Desember 2021 10:08 WIB

Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Nasib 30 hari lagi akan ditentukan. Pailit atau tidak. Tapi benarkah sudah menyiapkan 40 pesawat.

Simak tulisan wartawan kondang, Dahlan Iskan, di HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com hari ini, 29 Desember 2021. Selamat menikmati:

PERASAAN saya campur-aduk Minggu sore lalu. Yakni ketika untuk kali pertama kembali naik pesawat. Setelah lebih dua tahun grounded akibat Covid-19.

Gundah-gulana itu membolak-balik kalbu. Sejak berangkat, sampai di bandara, di atas pesawat, pun ketika tiba. Sepanjang penerbangan yang terpikir hanya , , . Untung ini penerbangan pendek. Hanya dari Surabaya ke Jakarta.

Kegundahan itu karena –antara lain– saya pilih naik . Tepatnya, teman saya yang memilihkan.

Saya sempat kesasar: ke terminal 2 Bandara Juanda. Di situlah dulu menjadi rajanya. Dari jauh sudah terlihat sepi. Tapi tetap bersih. " sudah tidak di sini lagi?" tanya saya kepada petugas yang kelihatannya sedang melakukan kontrol.

"Sudah dua tahun pak," jawabnya. "Semua disatukan di terminal 1," tambahnya.

Kami pun balik kucing. Ketika membayar di loket parkir saya bertanya: kok loketnya buka, memangnya ada yang datang ke sini?

"Kadang ada. Untuk pesawat carter," jawabnya.

Berarti hanya sesekali saja. Dengan jumlah penumpang sangat terbatas. Betapa kesepian penjaga loket itu.

Di Surabaya, jarak terminal 2 dan 1 berjauhan, berseberangan. Dipisahkan oleh runway. Harus memutar jauh. Tapi lalu-lintas sepi.

Terminal 2 itu dibangun demi . Agar tidak tercampur dengan Lion Group yang terus berkembang. Investasi baru terminal 2 –yang sepenuhnya menggunakan uang Angkasa Pura didedikasikan untuk kehormatan .

Betapa kasihan PT Angkasa Pura. Demi investasinya tidak mendapatkan return yang memadai.

Masih ada investasi yang lebih baru. Untuk memperpanjang terminal 1. Agar terminal haji dan umrah di terminal tambahan itu.

Baru saja selesai, langsung terjadi pandemi. Sepi.

Sekarang di terminal perpanjangan itulah semua penerbangan dilayani. Toh jumlahnya tidak banyak lagi. Sekalian terminal lamanya diperbaiki.

Hari itu hanya ada dua penerbangan untuk Jakarta-Surabaya. Kali ini bukan lagi karena pandemi. Sedih sekali. Teringat dulu, hampir setiap jam.

Pun jenis pesawatnya. Di jadwal penerbangan saya itu biasanya menggunakan Airbus A330-800 neo. Yang baru. Yang berbadan lebar. Diganti menjadi Boeing 737.

Saya memakluminya. Sepenuh hati.

Di sepanjang koridor menuju pesawat beberapa petugas mendekati saya. Setengah berbisik ia bertanya: bagaimana pak?

"Anda lebih tahu," jawab saya lirih.

Memasuki pesawat saya sapa Budi Karya Sumadi yang duduk di kursi paling depan. Dua tahun lebih saya tidak memasuki pesawat seperti ini. Tapi ''rasa ''-nya masih sama. Masih elegan. Bergengsi. Keramahan pramugarinya juga masih yang dulu. Di dinding depannya juga masih menempel tanda penghargaan itu: sebagai penerbangan terbaik di dunia –untuk kelas ekonominya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video