Emil Dardak Dukung Muktamar NU ke-35 di Surabaya

Editor: Rohman
Wartawan: M Didi Rosadi
Jumat, 31 Desember 2021 00:44 WIB

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, bersama Forkom Jurnalis Nahdliyin. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wacana ke-35 pada tahun 2026 yang dilaksanakan di Kota Surabaya semakin menguat. Wacana itu sebelumnya diungkapkan oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. 

Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Elestianto Dardak, juga mendukung agenda yang bertepatan dengan satu abad Nahdlatul Ulama itu diselenggarakan di . Menurut dia, sangat beralasan kalau ke-35 dilaksanakan di Surabaya, karena hal tersebut bagian dari napak tilas sejarah berdirinya NU di Surabaya pada 31 Januari 1926.

"NU lahir di Kota Surabaya, pertama yang memilih KH Hasan Gipo juga dilaksanakan di Surabaya. Saya kira sangat beralasan kalau Muktamar mendatang juga di Kota Surabaya. Mungkin nanti bisa terintegrasi dengan Kabupaten Sidoarjo dan Gresik," ujarnya, Kamis (30/12).

Emil mengungkapkan, NU mempunyai benang merah yang kuat dengan Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. Karena itu, tentu Pemprov Jatim sangat mendukung bila Wali Kota Surabaya menawarkan diri sebagai tuan rumah ke-35.

Ia menambahkan, pelaksanaan di Surabaya dapat kembali mengingatkan resolusi jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asy'ari. Tanpa resolusi jihad, kata Emil, tak akan ada 10 November 1945 yang sangat heroik, sehingga kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan Nasional.

"Resolusi jihad-lah yang menggerakkan para santri dan pemuda Kota Surabaya dan daerah lain di Jawa Timur untuk berjihad di medan perang melawan tentara sekutu. Resolusi jihad juga dirumuskan dan diserukan di kantor PBNU pertama di Jalan Bubutan, Kota Surabaya," tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video