Donor Plasma Konvalesen di Kota Kediri Mampu Bantu Pasien dari Semarang, Bandung, dan Daerah Lain | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Donor Plasma Konvalesen di Kota Kediri Mampu Bantu Pasien dari Semarang, Bandung, dan Daerah Lain

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Sabtu, 01 Januari 2022 12:52 WIB

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pada masa pandemi , plasma konvalesen menjadi hal yang dicari untuk membantu terapi pasien . Pemerintah pun turut berupaya memenuhi kebutuhan plasma konvalesen melalui Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Pasen). Gerakan ini dimulai sejak awal tahun 2021 lalu bersama .

Berdasar data dari , plasma konvalesen yang berhasil terkumpul selama 2021 sebanyak 698 kantong. Di mana 655 kantong telah ditransfusikan ke 525 pasien. Selain untuk rumah sakit di , juga mampu melayani permintaan pasien dari rumah sakit di daerah lain.

Seperti Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Tulungagung, Kota Mojokerto, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Ponorogo, hingga Bandung Jawa Barat.

Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD ) , dr. Ira Widyastuti, mengungkapkan stok plasma konvalesen dimiliki cukup banyak karena sinergi yang baik dengan Pemerintah melalui Program Gedor Pasen.

Gerakan tersebut mampu mengajak penyintas untuk . Selain itu, juga memiliki mesin apheresis untuk mengambil plasma darah konvalesen dari para penyintas .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video