Bupati Sidoarjo Dorong Seluruh Desa di Kota Delta Berstatus Desa Maju dan Mandiri | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bupati Sidoarjo Dorong Seluruh Desa di Kota Delta Berstatus Desa Maju dan Mandiri

Editor: Rohman
Wartawan: Mustain
Senin, 03 Januari 2022 22:11 WIB

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat meresmikan Kampung Kelengkeng Simoketawang, Kecamatan Wonoayu.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo terus mendorong agar seluruh desa di wilayahnya menyandang status Desa Maju dan Mandiri melalui program pemberdayaan masyarakat seperti optimalisasi Badan Usaha Milik Desa ().

Bupati Sidoarjo, , mengatakan bahwa dukungan terhadap desa diberikan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.

"Upaya percepatan menuju desa mandiri dan maju terus kita dorong. Kebijakan-kabijakan yang bersifat mendukung program usaha desa kita lakukan. Seperti kegiatan kita dorong semuanya mempunya izin," ujarnya setelah memimpin rapat dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor , Senin (3/1).

Ini dilakukan agar lebih banyak lagi desa di Sidoarjo yang menyandang status tersebut dengan sering melakukan kunjungan ke . Baru-baru ini, ia meresmikan Kampung Wisata Kelengkeng di Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu, serta Taman Wisata dan Edukasi yang dikelola oleh BUMdes Desa Kedungsugo, Kecamatan Prambon.

Menurut dia, pemerataan ekonomi desa salah satunya dengan menghidupkan kembali unit usaha yang dikelola oleh desa. Dari jumlah 130 desa yang masih status berkembang, akan menajamkan lagi langkah pendampingan kolaborasi bersama pendamping desa dari Kementerian PDTT.

Ia menambahkan, letak geografis Sidoarjo sangat mendukung bagi kemajuan . Selain padatnya jumlah penduduk Sidoarjo, rata-rata warga di Kota Delta juga masyarakat yang konsumtif.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video