Dorong Produk UMKM Siap Ekspor, Bupati Kediri Bangun Klinik Koperasi dan UMKM

Dorong Produk UMKM Siap Ekspor, Bupati Kediri Bangun Klinik Koperasi dan UMKM Batik andalan Kabupaten Kediri siap bersaing dengan produk daerah lain. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Hanindhito Himawan Pramana mendorong produk UMKM di Kabupaten siap ekspor. Guna memantapkan pelaku UMKM, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten membangun Klinik Koperasi dan UMKM.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Mamiek Amiyati menyampaikan, Klinik Koperasi dan UMKM merupakan program kebijakan dan strategi pemberdayaan bagi koperasi dan UMKM.

"Ketika koperasi dan UMKM mengalami permasalahan kita bantu menyelesaikan melalui serangkaian pembinaan dan pendampingan terpadu," katanya, Kamis (20/1/2020) kemarin.

Menurut Mamiek, pembinaan dan pendampingan terpadu yang dilakukan yakni melalui pemberian layanan konsultasi gratis, informasi bisnis, bantuan advokasi bisnis, layanan short course, akses pembiayaan, akses pemasaran, fasilitasi perizinan, dan pelatihan.

Klinik Koperasi dan UMKM itu didirikan, lanjutnya, dalam rangka memacu perkembangan dan ketangguhan koperasi dan UMKM. Untuk menunjang layanan yang komprehensif, klinik itu didampingi oleh konsultan manajemen Koperasi dan UMKM serta melibatkan para penggiat Koperasi dan UMKM.

"Keberadaan klinik ini terintegrasi dengan Garasi (gerai rumah inkubasi) yang telah dilaunching oleh ," ungkap Mamiek.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO