Hujan Deras, Tanah Longsor Terjadi di Desa Nglinggis Trenggalek

Hujan Deras, Tanah Longsor Terjadi di Desa Nglinggis Trenggalek Petugas BPBD Trenggalek saat mengevakuasi pepohonan yang tergerus tanah longsor.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang terjadi belakangan ini mengakibatkan tanah longsor di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, Senin (14/2) dini hari tadi.

"Laporan kami terima dari Pusdalops, dari TRC (Tim Reaksi Cepat) lapangan itu (tanah longsor terjadi) pukul 03.00 WIB," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, , saat dikonfirmasi, Senin (14/2).

Setelah menerima laporan, ia beserta jajarannya langsung menuju lokasi bencana. Berdasarkan hasil pantauan di lapangan semalam, Joko menyebut tanah longsor ini terjadi di tiga titik serta mengakibatkan beberapa pohon dan tiang listrik tumbang di bahu jalan.

Oleh sebab itu, arus transportasi Trenggalek-Ponorogo terhambat. Kendati demikian, para petugas BPBD Nganjuk dibantu petugas dari PUPR serta satpol PP setempat telah membersihkan material longsor dengan menggunakan alat berat.

"Jadi tiang listrik dan pohon tumbang itu sudah dibersihkan dari bahu jalan oleh petugas sejak tadi malam," kata Joko.

Menurut dia, penyebab tanah longsor adalah tingginya intensitas hujan di Kabupaten Trenggalek dalam beberapa hari terakhir. Alhasi, tanah mengalami kegemburan sehingga terjadi tanah longsor.

"Hujan mulai kemarin itu yang tidak ada hentinya sehingga beban tanah, kontur tanahnya sudah tidak kuat menahan beban air," tuturnya.

Saat ini, hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas di jalur tersebut. Sedangkan untuk kendaraan roda empat diprediksi sekitar 4 jam lagi baru bisa melintas di jalur yang tertimbun material tanah, dan pepohonan itu. (man/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Hati-Hati, Ruas Jalan Menuju Gunung Bromo Longsor':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO