​Wakil Wali Kota Mataram Mau Dirikan Pesantren, Kiai Asep Datangi Lokasi Mendoakan

​Wakil Wali Kota Mataram Mau Dirikan Pesantren, Kiai Asep Datangi Lokasi Mendoakan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, (kiri) bersama Wakil Wali Kota Mataram, TGH Mujiburrahman (tengah) dan M Mas'ud Adnan (kanan). Foto: BANGNSAONLINE.com.

MATARAM, BANGSAONLINE.com – Pagi sekitar pukul 6.00 WITA. Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA dan rombongan siap meluncur dari rumah dinas Wakil Wali Kota Mataram. Kiai Asep dan rombongan memang bermalam di rumah wakil walikota Mararam Tuan Guru Haji (TGH) Mujiburrahman.

“Saya yang minta agar beliau berkenan menginap di rumah dinas, tidak di hotel,” kata TGH Mujiburrahman.

Wakil Wali Kota Mataram yang dikenal sebagai pemuka agama itu mengaku ingin tabarrukan dan banyak belajar tentang mendirikan dan mengelola pondok pesantren kepada Kiai Asep Saifuddin Chalim. 

Kiai Asep yang ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pegunu) itu memang dikenal sebagai ulama sukses mendirikan dan mengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur. 

"Saya pernah ke Amanatul Ummah di Pacet Mojokerto," kata TGH Mujiburrahman. Kini santri Amanatul Ummah mencapat 12.000 orang. Di Pesantren Amanatul Ummah Surabaya sebanyak 2.000 santri, sedang di Amanatul Ummat Pacet Mojoketo sebanyak 10.000 santri. 

Kiai Asep dan rombongan berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) selama tiga hari. Yaitu sejak Jumat (19/2/2022) hingga Ahad (20/2/2022).  

Selain melantik PW Pegunu dan 10 PC Pergunu se-Nusa Tenggara Barat (NTB), Kiai Asep juga diundang ceramah ke berbagai pondok pesantren di kawasan Lombok dan Mataram.

(Inilah para donatur dan relawan yang siap membangun pondok pesantren di tengah kota Mataram. Foto: MMA/BANSAONLINE.COM)

Bahkan Kiai Asep juga diminta menjadi khotib di masjid yang satu kawasan dengan makam ulama besar NTB, TGH Shaleh Hambali Bengkel. Tuan Guru Shaleh Hambali adalah pendiri NU di Lombok sekaligus Rais Syuriah pertama di pulau seribu masjid itu.

Praktis, Kiai Asep dan rombongan menginap di rumah dinas wakil wali kota Mataram yang dikenal sebagai tokoh agama itu tiga hari tiga malam. Maklum, acara Kiai Asep di NTBsangat padat. Selama tiga hari itu Kiai Asep harus menghadiri 9 titik acara. Dalam jarak yang satu dengan lainnya berjauhan.

Kini Kiai Asep mau meluncur kemana? Pagi itu sang wakil wali kota Mataram TGH Mujiburrahman mengajak Kiai Asep meninjau lokasi yang akan dididirikan pondok pesantren. Letaknya di tengah kota Mataram. Tanahnya seluas 1,5 hektar.

Di lokasi calon pesantren itu ternyata sudah dibangun kolam ikan yang cukup luas. Sementara di pinggir kolam tampak beberapa gazebo berbentuk joglo yang mengitari kolam ikan tersebut.

“Ini (gazebo) nanti kan juga bisa untuk tempat mengaji para santri. Agar ada variasinya. Jadi ada pengajian out doornya," kata TGH Mujiburrahman kepada M Mas’ud Adnan, CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com yang mendampingi Kiai Asep Saifuddin Chalim.

Kiai Asep memang tak sendirian. Putra pendiri NU, KH Abdul Chalim, itu ke NTB bersama rombongan. 

(Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim dan TGH Mujiburrahman melihat kolam ikan di lokasi yang akan dibangun pondok pesantren. Foto: mma/bangsaonline.com)

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO