Apresiasi Gelar Sesaji Bumi Kediri, Wali Kota Ajak Lestarikan Budaya Tradisional

Apresiasi Gelar Sesaji Bumi Kediri, Wali Kota Ajak Lestarikan Budaya Tradisional Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) saat memberi sambutan dalam acara Gelar Sesaji Bumi Kediri dan Gelar Budaya Usada Nagari. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - mengapresiasi Gelar Sesaji Bumi Kediri dan Gelar Budaya Usada Nagari yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Komunitas Pelestari di area Gua Selomangleng, Jumat (25/2) malam.

Dalam acara itu, Wali Kota Abu Bakar hadir langsung didampingi Kepala Disbudparpora Zachrie Ahmad dan Kepala Satpol PP Eko Lukmono. Dalam kegiatan tersebut juga disuguhkan tembang-tembang macapat oleh Kelompok Macapat Kota dan Kabupaten Kediri.

Menurut Abu itu, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk terus menjaga kelestarian . Sebab, penting untuk merawat peninggala budaya, seni, dan ilmu pengetahuan.

“Saya berikan apresiasi yang luar biasa kepada panjenengan semua Pelestari . Hingga saat ini masih setia nguri-uri di tengah pesatnya perkembangan budaya global,” ujarnmya.

Ia mengajak kepada seluruh pihak yang ada di Kota Kediri untuk bersama-sama melestarikan . Agar nantinya generasi penerus dapat mengenal dan turut melestarikan budaya asli dari bangsanya. Apalagi saat ini teknologi digital berkembang begitu pesat.

“Melestarikan budaya ini tidak bisa kalau hanya pemerintah saja. Namun semua unsur harus berkolaborasi dan bergerak bersama-sama. Kita harus pertahankan agar anak cucu kita kelak terus mengenal budayanya. Sebab saat ini anak-anak kita sudah canggih mengikuti perkebangan teknologi. Tapi saya ingin anak cucu kita ini tidak lupa dengan budayanya,” harapnya.

Politikus PAN ini berharap agar pandemi Covid-19 segera berkahir. Agar nantinya Pemerintah Kota Kediri bersama Komunitas Pelestari dapat mengadakan event-event kebudayaan yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

“Semoga akan lahir inovasi baru yang diinisiasi oleh teman-teman Komunitas Pelestari . Kalau pandemi berakhir kita buat acara kebudayaan yang bisa dilihat masyarakat. Sehingga nanti mereka bisa mengenal budaya kitq,” tutup Abu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO